Senin 25 Januari 2021, 10:41 WIB

Soal Ekstrakurikuler Sepeda, DPRD: Membebani & Rawan Perundungan

Hilda Julaika | Megapolitan
Soal Ekstrakurikuler Sepeda, DPRD: Membebani & Rawan Perundungan

ANTARA FOTO/Indrayadi
Ilustrasi bersepeda

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta dan Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia DKI (Pengpov ISSi DKI) sempat mendorong sekolah menjadikan sepeda sebagai kegiatan ektrakurikuler di sekolah. Guna mendukung gaya hidup ramah lingkungan dengan bersepeda.

Anggota Komisi E DPRD DKI Rani Mauliani mengkritik rencana ini. Menurutnya, ekstrakurikuler bersepeda ini akan membebani orangtua dan rawan terjadi perundungan (bullying). Karena mengharuskan siswa memiliki sesuatu yang menunjang kegiatan, tepatnya berupa sepeda.

“Ya ampun memangnya tidak ada hal lain yang lebih penting yang bisa dijadikan kegiatan? Karena ini mengharuskan siswa memiliki sesuatu yang mungkin nanti jadi memaksa/membebani orangtua untuk membelikan sarana ekskulnya,” kata Rani kepada Media Indonesia, Senin (25/1).

Dampak lanjutannya, akan menonjolkan kelas sosial dan kesenjangan ekonomi. Sehingga bisa memicu terjadinya perundungan atau pembulian di kalangan pelajar. Karena ada unsur perbedaan tadi yang semakin kentara lewat sarana sepeda yang dimiliki.

“Akar masalah perundungan kan rata-rata karena unsur perbedaan kasta atau status sosial, iri hati, dengki dan lain-lain. Lama-lama perundungan ini bisa semakin mengakar. Bahkan menular dan menyebabkan adanya korban,” ungkapnya.

Baca juga:  Sepeda akan Jadi Ekstrakurikuler Sekolah di DKI

Rani menyarankan Pemprov DKI untuk fokus pada hal-hal yang esensial dalam pendidikan di DKI. Lebih mengutamakan kegiatan yang menunjang skill pelajar.

Sebelumnya, Kadishub DKI Syafrin Liputo mendukung rancangan program Pengprov ISSI DKI. Dukungan muncul saat Pengprov ISSI DKI mendapat kesempatan audiensi dalam rapat terbatas Jumat (22/1). Kepala Bidang Umum, Sarana dan Prasarana Pengrov ISSI DKI Fahrudine Fathur mengatakan akan diadakan kegiatan bersepeda di sekolah.

Salah satu caranya adalah dengan menunjuk beberapa sekolah sebagai Role Model agar sepeda dijadikan sebagai ekstrakurikuler.(OL-5)

Baca Juga

AFP

PKS Protes Rencana Attaruk Jadi Nama Jalan di DKI

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 22:24 WIB
Khoirudib mengatakan rekam jejak dan sejarah Attaturk sangat merugikan kaum...
Dok MI

Polisi Tetapkan Supervisor dan Debt Collector Tersangka Pinjol Ilegal di Jakbar

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 21:18 WIB
Wisnu menyebut 56 orang pegawai lainnya masih dilakukan pendalaman penyelidikan di Mapolres Metro Jakarta...
Antara

Wagub DKI: Lokasi Sirkuit Formula E Diputuskan Bulan Ini

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 19:55 WIB
Pemprov DKI sudah menyiapkan lima lokasi untuk ajang balap mobil listrik Formula E. Nantinya, utusan Formula E meninjau langsung lokasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya