Sabtu 23 Januari 2021, 11:52 WIB

Sepeda akan Jadi Ekstrakurikuler Sekolah di DKI

Akmal Fauzi | Megapolitan
Sepeda akan Jadi Ekstrakurikuler Sekolah di DKI

MI/M Irfan
Masyarakat pengguna sepeda tetap melakukan aktivitas olah raga bersepeda di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (25/10/2020)

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta dan Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia DKI Jakarta (Pengprov ISSI DKI) mendorong sekolah menjadi sepeda sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Hal itu merupakan salah satu strategi untuk memperbanyak jumlah pesepeda di Jakarta dan menjadikan Jakarta kota ramah bersepeda. Nantinya akan ada sejumlah program yang akan bersama-sama dijalankan oleh Pengprov ISSI DKI dan Dishub DKI.

Kadishub DKI, Syafrin Liputo mendukung rancangan program Pengprov ISSI DKI. Dukungan muncul saat Pengprov ISSI DKI mendapat kesempatan audiensi dalam rapat terbatas Jumat (22/1). Kepala Bidang Umum, Sarana dan Prasarana Pengrov ISSI DKI, Fahrudine Fathur, mengatakan akan diadakan kegiatan bersepedah di sekolah.

Salah satu caranya adalah dengan menunjuk beberapa sekolah sebagai Role Model agar sepeda dijadikan sebagai Ekstrakurikuler.

Berikutnya, sebagai langkah awal, Kadishub DKI, Syafrin Liputo, memberikan instruksi untuk membuat tim kelompok kerja untuk menyusun dan membuat buku panduan bersepeda yang akan dikemas dalam bentuk aplikasi digital agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat DKI Jakarta

Kelompok kerja itu diketuai langsung oleh Bapak Ferdinand dan berkolaborasi dengan Novian Herbowo (Ketua Umum), Emiel Purwana (Wakil Ketua Umum) Luhur Dewanthoro (Sekertaris Umum), Fahrudine Fathur (Kepala Bidang Umum dan Sarpras), Hendi Rachmat (Founder Westbike Messenger) dan Endy Safadilla (Sport Science) Pengprov ISSI DKI.

Ketua Umum Pengprov ISSI DKI, Novian Herbowo mengatakan salah satu langkah menjadikan jakarta ramah pesepeda adalah dengan memperbaiki jalur sepeda, yakni dengan menyiapkan Pop Up Bike Line secara menyeluruh di DKI Jakarta.

"Itu akan dilakukan road map jangka panjang untuk menerapkan DKI Jakarta menjadi kota yang ramah untuk pesepeda karena terdapat 3 pilar yakni sepeda sebagai sarana prestasi, rekreasi, dan transportasi," kata Novian dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/1).

baca juga: Minat Bersepeda Masyarakat Bertambah, Pasar Sepeda Meningkat

Lebih lanjut, Pengprov ISSI DKI juga akan memberikan pelatihan dasar bersepeda kepada masyarakat Jakarta. Tujuannya adalah agar tercipta budaya bersepeda yang healthy dan safety. Pada tahun 2021 ini juga akan dilaksanakan beberapa event kolaborasi antara Pengprov ISSI DKI dengan Dinas Perhubungan DKI

"Namun masih menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi, khususnya di DKI yang masih menerapkan PSBB ataupun PPKM," ujar Novian.(OL-3)
 

Baca Juga

Antara

Sinar Siap Dirilis, Polri Jamin Warga Semakin Mudah Urus SIM

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 11 April 2021, 19:06 WIB
Aplikasi Sinar dapat mempermudah keperluan masyarakat untuk pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A maupun...
Antara

Pesepeda Butuh Jalur Khusus, bukan Ornamen Buat Swafoto

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 11 April 2021, 15:32 WIB
Proyek pembangunan jalur sepeda permanen di kawasan Sudirman-Thamrin pun baru berjalan 12,5%. Pemprov DKI dinilai tidak peka, karena lebih...
Ilustrasi/Dok.Lampost

Polisi Buru Pembobol Toko Ponsel di Rukan Cengkareng

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 11 April 2021, 14:43 WIB
Pemilik konter telepon seluler atau ponselharus kehilangan sejumlah unit HP setelah dicuri oleh orang tak dikenal yang terekam CCTV di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya