Jumat 22 Januari 2021, 12:16 WIB

Soal Reboisasi Bogor, DKI Sebut Semua Daerah Sudah Berkomitmen

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Soal Reboisasi Bogor, DKI Sebut Semua Daerah Sudah Berkomitmen

MI/Ramdani
Ilustrasi: Pasca-banjir bandang di Gunung Mas, Bogor

 

KEPALA Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono buka suara terkait tantangan anggota DPR RI Dedi Mulyadi yang meminta agar Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana Rp1 triliun untuk melakukan penghijauan di kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Reboisasi itu untuk mencegah banjir yang berpotensi juga terjadi di Jakarta jika kawasan Gunung Mas tetap gundul.

Nasruddin menyebut langkah pencegahan dan pengendalian banjir di wilayah Jabodetabekpunjur harus dilakukan secara kolaboratif dan melibatkan peran aktif masing-masing pemerintah daerah. Jakarta tidak akan mampu mengatasi banjir sendirian.

"Upaya secara komprehensif pengendalian banjir Jakarta akan berhasil apabila dilakukan secara terintegrasi dan terpadu dari hulu ke hilir serta kolaborasi dan peran aktif dari seluruh 'stakeholder' yang ada dalam tatanan pengelolaan daerah aliran sungai Ciliwung dan Cisadane," kata Nasruddin saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (21/1) malam.

Baca juga: Dedy Mulyadi Tuntut Anies Reboisasi Bogor, Gerindra: Kok Bisa!

Masing-masing kepala daerah di Jabodetabekpunjur pun sudah sepakat menandatangani komitmen bersama untuk berperan aktif mengatasi banjir dan longsor. Komitmen bersama ini telah ditandatangani pada 2 Juni 2020.

"Dalam rangka mendukung program ini, telah dilakukan beberapa kesepakatan pengendalian banjir Jakarta, terakhir tertuang dalam Komitmen Bersama Penanggulangan Banjir dan Longsor Kawasan Jabodetabekpunjur yang ditandatangani secara elektronik oleh 6 Kementerian Lembaga, 3 Gubernur dan 9 Bupati/Walikota pada tanggal 2 Juni 2020," jelasnya.

Dalam penjelasan dokumen komitmen bersama itu, untuk penanganan di daerah hulu meliputi regulasi kelembagaan, penguatan krisis manajemen, pengurangan bahaya, pengendalian tata ruang dan bangunan, pengendalian dengan membangun infrastruktur sampai mencegah penurunan tanah dilakukan oleh pemda masing-masing seperti Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, Pemkab Cianjur dan Pemkot Depok.

Sementara untuk daerah hilir, langkah-langkah yang harus dilakukan sama dengan di daerah hulu namun sebagian besar menjadi tanggung jawab dari Pemkot Tangerang, Pemkot Tangerang Selatan, Pemkab Tangerang, Pemkot Bekasi, Pemkab Bekasi, dan Pemprov DKI Jakarta.(OL-5)

Baca Juga

Instagram Anies Baswedan

Anies Raih Penghargaan dari Rumah Zakat

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 25 Februari 2021, 23:29 WIB
Ia terpilih bersama tokoh nasional lain berkat kontribusinya terhadap kontribusinya dalam penanganan pandemi di DKI...
Antara

Kasus Aktif Di Jakarta Terus Berkurang

👤 Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:33 WIB
Jumlah orang yang masih dirawat karena covid-19 berkurang sebanyak 278 orang menjadi 4.068...
Antara/Sigid Kurbniawa

Begini Cara Pemprov DKI Cegah Kebakaran di Masa Pandemi          

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:01 WIB
Kepala Bidang Penyelamatan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Suheri mengatakan, sosialisasi secara masif dilakukan melalui pengeras suara di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya