Jumat 08 Januari 2021, 09:08 WIB

Ombudsman Jakarta Sambut Positif Penerapan PPKM Jawa-Bali

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ombudsman Jakarta Sambut Positif Penerapan PPKM Jawa-Bali

MI/M Fahrullah
Pekerja berjalan di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (4/1/2021)

 

OMBUDSMAN Jakarta Raya menyambut baik Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali. Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Teguh P. Nugroho mengatakan penerapan PPKM merupakan bagian dari hasil evaluasi pemerintah terhadap pengendalian covid-19.

"PPKM Jawa-Bali ini walaupun terlambat tapi menurut kami ini bagian dari evaluasi terhadap pendekatan semi ekonomi dan semi kesehatan yang terbukti gagal mengantisipasi kenaikan transmisi covid di Indonesia. Perubahan kebijakan ini merupakan jawaban," kata Teguh saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (7/1).

Menurutnya, seharusnya sejak lama pemerintah mengutamakan kesehatan dibandingkan ekonomi dalam penanganan pandemi covid-19.

"Walaupun belum ideal sekali terkait penanganan terbaik apa yang harus dilakukan di saat pandemik ini, dan jawabannya tentu seharusnya penanganan kesehatan terlebih dahulu, karena tanpa penyelesaian masalah pandemik maka ekonomi juga akan sulit untuk berjalan," jelasnya.

Baca juga: Kepala Daerah Sikapi PSBB Jawa-Bali

PPKM Jawa-Bali akan mempermudah koordinasi antara pemerintah daerah khususnya seperti daerah aglomerasi seperti Jabodetabek yang selama ini memiliki level penanganan yang berbeda terhadap protokol kesehatan.

"Dengan ketetapan ini, koordinasi menjadi lebih mudah dilakukan karena dalam satu kesatuan. Koordinasinya langsung dilakukan oleh Satgasnas sehigga DKI dan Jabar begitu juga Bamten bisa fokus ke penanganan masing-masing wilayah," pungkasnya.

Komando penanganan maupun regulasi pun tidak lagi sendiri-sendiri dilakukan oleh wilayah.(OL-5)

Baca Juga

Dok.Humas

Era Entrepreneur Saatnya Anak Muda Berkarya

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:05 WIB
SEBAGAI anak muda harus partisipasi aktif dalam membangkitkan ekonomi di era...
MI/Andri Widiyanto

PTM SMA-SMK di Depok Bakal Ditunda Lagi

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:20 WIB
RENCANA pembelajaran tatap muka (PTM) bagi SMA-SMK di Kota Depok yang rencananya di mulai 19 Juli 2021 kemungkinan ditunda...
MI/Rudi Kurniawansyah

Vaksinasi Massal Zona 1 Kota Bekasi Diikuti 4 ribu Orang

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 09:05 WIB
PEMERINTAH Kota Bekasi menggelar vaksinasi massal yang diikuti sekitar 4.000 orang di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya