Selasa 05 Januari 2021, 22:32 WIB

Inflasi Jakarta Pada Desember Tetap Rendah dan Terkendali   

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Inflasi Jakarta Pada Desember Tetap Rendah dan Terkendali   

MI/Fahrullah
Pekerja kantoran melintas di kawasan bisnis Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta

 

INDEKS Harga Konsumen (IHK) DKI Jakarta pada Desember 2020 mencatat inflasi sebesar 0,26%(mtm), sedikit lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 0,27% (mtm). 

Inflasi IHK Jakarta bersumber terutama dari inflasi kelompok makanan minuman dan tembakau, kelompok transportasi, kelompok kesehatan, dan kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakarLainnya. 

"Dengan perkembangan tersebut, inflasi tahunan DKI Jakarta pada Desember 2020 tercatat sebesar 1,59% (yoy).Kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 1,07% (mtm), danmenyumbang sebagian besar dari inflasi IHK DKI Jakarta Desember 2020, yakni mencapai 0,23% (mtm)," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko dalam keterangan resminya.

Inflasi pada kelompok tersebut bersumber dari kenaikan harga beberapa komoditas terutama aneka cabai, telur ayam ras, daging ayam ras, jeruk, tomat dan minyak goreng. Kelompok Transportasi mengalami inflasi sebesar 0,29% (mtm), dan berkontribusi sebesar 0,03% (mtm)terhadap inflasi IHK DKI Jakarta Desember 2020. 

Inflasi kelompok ini terutama bersumber dari kenaikan tarif angkutan udara seiring meningkatnya kembali jumlah pengguna angkutan udara khususnya padasaat libur Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2021. 

Baca juga : Pemrov DKI Tak Merasa Dilangkahi Risma yang Doyan Blusukan

Kepercayaan masyaraka tpada aturan keselamatan dan protokol kesehatan yang dijalankan secara ketat oleh angkutan udara pada masa pandemi covid-19 membuat masyarakat tidak ragu untuk kembali melakukan perjalanan menggunakan angkutan udara.

Selain dua kelompok pengeluaran tersebut, beberapa kelompok yang tercatat mengalami inflasi pada Desember 2020 adalah kelompok kesehatan (0,47%, mtm), kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran (0,05%, mtm) dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar (0,03%,mtm). 

"Sementara itu, dua kelompok pengeluaran yang tercatat stabil pada Desember yaitu kelompok pendidikan dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan.Peningkatan inflasi IHK lebih lanjut tertahan oleh deflasi pada beberapa kelompok pengeluaran," terang Onny.

Empat kelompok pengeluaran yang tercatat deflasi adalah kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya(-0,15%, mtm), kelompok pakaian dan alas kaki (-0,10%, mtm), serta kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga dan kelompok rekreasi, olahraga dan budaya masing-masingsebesar -0,02% (mtm). 

"Ke depan, seiring dengan perkiraan membaiknya perekonomian Jakarta pada tahun 2021, inflasi diperkirakan akan meningkat pula. Konsistensi dan komitmen Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas harga serta koordinasi antara Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pemerintah pusa tmelalui TPIP (Tim Pengendalian Inflasi Pusat), TPID dan forum-forum yang ada akan terus dipertahankan agar inflasi Jakarta tetap terkendali dan mendukung tercapainya sasaran inflasi nasional sebesar 3,0%±1%," tutp Onny. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Polri Tangkap 19 Penyelundup 62,9 Kg Sabu Jaringan Myanmar 

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 21:17 WIB
Krisno menjelaskan para tersangka menyelundupkan sabu dengan cara membungkusnya dengan teh hijau. Polisi menduga paket sabu itu diproduksi...
MI/Andri Widiyanto

Kapasitas Angkutan Umum DKI Boleh 100%, Namun KRL Tetap 32%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:58 WIB
KAI Commuter masih menerapkan pembatasan kapasitas 32% untuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo. Serta, menerapkan penyekatan di...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ragunan Mulai Dibuka untuk Umum Sabtu 23 Oktober 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:37 WIB
Pengelola mewajibkan pengunjung yang berkunjung di kebun binatang tersebut mendaftar secara daring (online) satu hari sebelum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya