Selasa 22 Desember 2020, 13:51 WIB

453 Ribu Orang di DKI Kehilangan Pekerjaan Sektor Formal

Hilda Julaika | Megapolitan
453 Ribu Orang di DKI Kehilangan Pekerjaan Sektor Formal

MI/Andri Widiyanto
Sejumlah pekerja berjalan di trotoar

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sebanyak 453 ribu orang di Jakarta harus kehilangan pekerjaan di sektor formal selama periode pandemi ini. Sementara itu, untuk sektor informal ada 193 ribu pekerja tidak bisa bekerja karena pandemi covid-19. Hal ini membuat proyeksi pengangguran di Jakarta mencapai 10,9%.

“Selama masa periode pandemi ini sektor formal kita secara data statistik dari Dinas Tenaga Kerja kehilangan sekitar 453.295 pekerja. Dari angka itu, sebanyak 259.597 diserap di sektor informal. Jadi kira-kira yang terdampak langsung sehingga kehilangan pekerjaan dan tidak terserap di sektor informal ada 193.698 orang,” kata Anies di Pembukaan Forum Musrenbang perubahan RPJMD 2017-2022, Selasa (22/12).

Anies menilai implikasi dari pandemi ini tidak saja berpengaruh terhadap pengangguran, tetapi juga berdampak terhadap produktivitas pekerja. Setidaknya terdapat 1,6 juta pekerja harus mengalami pengurangan jam kerja.

“Jadi kalau lihat 1,6 juta pekerja itu mengalami pengurangan jam kerja seperti saya sampaikan tadi karena nature-nya adalah mengurangi aktivitas (untuk mencegah penularan dan mengendalikan pandemi),” paparnya.

Baca juga:  Anies Akui Covid-19 Bikin Pengangguran di Jakarta Makin Tinggi

Dengan begitu, Anies memproyeksikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 dan APBD 2022 berada di kisaran Rp84 triliun. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi perekonomian terdampak covid-19. Pihaknya juga mengatakan masih memiliki waktu untuk mengejar target dalam dua tahun ke depan. Untuk bisa sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Maka insya Allah ada banyak jalan dan upaya untuk bisa memulihkan perekonomian dan memulihkan kegiatan sosial, kegiatan pendidikan, dan lain-lain. Sehingga tetap kita bisa mewujudkan yang kita cita-citakan sebagai sebuah kota di mana maju kotanya dan bahagia warganya,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Gelombang Air Laut Tinggi, Pesisir Utara Jakarta Terkepung Rob

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:34 WIB
Kepala Pusdatin dan Kebencanaan BPBD DKI, M. Insaf, mengatakan setidaknya ada 39 RT di dua wilayah tersebut yang terendam banjir...
Ilustrasi

Polres Jaksel Selidiki Pengeroyokan Anggota Polisi di Pondok Indah 

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:44 WIB
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah mengatakan pihaknya masih mendalami dan mengejar para pelaku pengeroyokan terhadap...
Medcom

Bike To Work Indonesia Siap Advokasi Pesepeda Korban Tabrak Lari di Bundaran HI

👤Widhoroso 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:33 WIB
BIKE To Work (B2W) Indonesia menyatakan siap memberikan advokasi kepada Ivan Kristofer, pesepeda yang menjadi korban tabrak lari di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya