Selasa 20 Oktober 2020, 11:27 WIB

Wagub DKI Minta Setop Perdebatan Soal Naturalisasi & Normalisasi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wagub DKI Minta Setop Perdebatan Soal Naturalisasi & Normalisasi

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Foto udara proyek naturalisasi Waduk Kampung Rambutan di Jakarta, Senin (7/10/2019).

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza meminta masyarakat dan seluruh pihak menghentikan perdebatan tentang naturalisasi dan normalisasi.

Seluruh kebijakan tersebut, menurutnya, sama-sama baik dan bisa mengatasi banjir di Jakarta dengan tetap didukung oleh program-program lainnya.

"Jadi tidak perlu dibanding-bandingkan. Punya tujuan maksud yang baik. Kita pastikan mana yang masuk program normalisasi, mana yang progam naturalisasi," kata Ariza di Jakarta, Senin (19/10).

Normalisasi adalah program yang dipegang oleh pemerintah pusat didanai melalui APBN. Normalisasi dilakukan di 13 sungai yang berada di bawah pengelolaan pemerintah pusat.

"Kami di pemprov memiliki program naturalisasi. Dua-duanya bisa diterapkan. Jadi melihat situasi dan kondisi mana sungai yang bisa kita lakukan dengan program normalisasi, mana naturalisasi," ungkapnya.

Baca juga: DPRD Ingatkan Anies tidak Semua Wilayah Bisa Dinaturalisasi

Ia meminta seluruh pihak bersama-sama mendukung langkah Pemprov DKI dalam mengendalikan banjir. Sebab, masalah banjir Jakarta tidak akan usai tanpa dukungan seluruh pihak termasuk warga.

Di sisi lain, tahun depan ditargetkan dua waduk besar yang dibangun pemerintah pusat di Kabupaten Bogor atau wilayah hulu Sungai Ciliwung dapat mengurangi debit air sungai yang meninggi di musim hujan sehingga dapat mengurangi dampak banjir di Jakarta.

"Terima kasih kepada dukungan Pak Basuki Menteri PUPR, Pak Presiden yang konsen pada Jakarta termasuk dibuat waduk besar di Ciawi dan Cimahi. Dan kita harap ada tambahan waduk di tempat lain," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

4.651 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di Wisma Atlet

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 20 Januari 2021, 20:15 WIB
Jumlah ini berkurang 71 orang jika dibandingkan hari sebelumnya sebanyak 4.722...
Antara

Selama PPKM, Terminal Bus Kalideres Siapkan Test Antigen Gratis

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 20 Januari 2021, 19:25 WIB
TERMINAL bus Kalideres, Jakarta Barat membuka posko test antigen Covid-19 gratis bagi penumpang dan pengemudi bus di terminal hingga 25...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Dengan Prokes, Jenazah Covid-19 Bebas Dimakamkan di TPU Mana Saja

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 20 Januari 2021, 18:55 WIB
Semua makam di Taman Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta bisa digunakan untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 dengan syarat protokol...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya