Senin 31 Agustus 2020, 13:30 WIB

Penularan Lewat Interaksi Rekan Kerja Cenderung Diremehkan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Penularan Lewat Interaksi Rekan Kerja Cenderung Diremehkan

MI/Ramdani
Para pekerja di Jakarta

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa munculnya klaster penularan covid-19 di perkantoran terjadi karena para pekerja yang menganggap remeh interaksi terhadap sesama pekerja di perusahaan.

Ia menuturkan pekerja yang menggunakan transportasi umum bisa menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin selama berada di transportasi umum. Namun, hal sebaliknya justru terjadi saat mereka tiba di kantor.

"Saat di angkutan umum mereka konsisten pakai masker, jaga jarak, tapi begitu sampai di kantor dilepas itu semua. Padahal interaksi di kantor itu lebih intensif. Di angkutan umum kan orang jarang bicara bahkan tidak kenal satu sama lain. Mereka menganggap enteng interaksi sesama pekerja," kata Anies dalam webinar bertajuk 'Tantangan Perubahan Prilaku Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru' pada Senin (31/8).

Baca juga: Pasar Disebut Berpotensi Jadi Klaster Besar Covid-19

Hal ini juga menjadi tantangan bagi pemerintah dan masyarakat untuk membiasakan kebiasaan baru memakai masker di semua tempat di luar rumah. Pencopotan masker di luar rumah di mana pun berpotensi untuk meningkatkan potensi penularan covid-19.

Menurut Anies, harus ada kesadaran bersama untuk memunculkan kedisiplinan di berbagai tempat. Pemerintah tak bisa berjuang sendiri. Jika pun 3T, yakni testing, tracing, dan treatment dijalankan dengan baik, tetapi masyarakat tak melakukan pencegahan dengan 3M, upaya apa pun yang dilakukan pemerintah tak akan memberikan dampak.

"Kebiasaan-kebiasaan seperti ini harus dimunculkan dan kita berharap bisa menjadi satu kesadaran bersama untuk bisa membangun proses pendisiplinan di berbagai tempat, sehingga benar-benar apa yang diajarkan melakukan 3M itu bisa menjadi kebiasaan. Dan setelah dia menjadi kebiasaan, dia menjadi budaya baru," tegasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. KOERSI Sky Cafe

The Beatles Night hadir di Café Rooftop Tertinggi Kota Bogor

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:26 WIB
Keseruan Match Box membawakan lagu-lagu legendaris dari band The Beatles seperti Hey Jude, Yesterday dan lainnya berhasil membuat para...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarnaval 2022 Habiskan RP5,4 Miliar

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 15 Agustus 2022, 05:53 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata menyebutkan untuk anggaran yang diperlukan dalam acara Jakarnaval...
Dok MI

Pemuda di Tangerang Sekap dan Perkosa Perempuan 16 Tahun

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:42 WIB
Korban tidak kenal dengan pelaku, namun diketahui pelaku adalah teman dari teman lelaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya