Rabu 02 Februari 2022, 22:00 WIB

Muncul Klaster Perkantoran dan Sekolah, Kasus Covid-19 di Semarang Melonjak

Akhmad Safuan | Nusantara
Muncul Klaster Perkantoran dan Sekolah, Kasus Covid-19 di Semarang Melonjak

DOK MI
Ilustrasi

 

KASUS covid-19 di Kota Semarang, Jawa Tengah kembali melonjak setelah muncul klaster perkantoran dan sekolah. Kasus aktif Covid-19 di Semarang bertambah 104 atau naik dari sebelumnya 81 pada data Rabu (2/2) pagi.

Pemantauan Media Indonesia Rabu (2/2) Pemerintah Kota Semarang kembali harus bekerja keras untuk mengantisipasi terjadinya gelombang tiga kasus covid-19. Hanya dalam kurun sehari jumlah warga terpapar virus korona melonjak dari 81 orang merupakan menjadi 104 orang dirawat di rumah sakit dan isolasi.

Berdasarkan data diterima pada pagi jumlah warga terkonfirmasi covid 19 di Kota Semarang berjumlah 81 orang. Namun memasuki petang meningkatkan menjadi 104 orang yakni 79 orang merupakan warga dalam kota dan 25 orang berasal dari luar daerah. "Peningkatan kasus ini karena muncul klaster perkantoran dan sekolah, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam.

Dari jumlah warga terkonfirmasi covid-19 di Kota Semarang ini, demikian Abdul Hakam, sebanyak 33 orang menjalani isolasi mandiri, 23 orang isolasi terpusat, dan sisanya dalam perawatan di rumah sakit dengan pasien terbanyak berasal dari Kecamatan Semarang Barat (15 orang), Semarang Selatan (14 orang) dan Gajahmungkur (10 orang)

Selain itu, ungkap Abdul Hakam, peningkatan kasus covid-19 di ibukota Jawa Tengah ini terjadi akibat mobilisasi warga ke luar daerah yang tidak mengikuti protokol kesehatan secara baik.

"Kita lakukan penggeseran dengan membawa warga terkonfirmasi covid-19 dari klaster tersebut ke isolasi berpusat agar tidak merembet ke warga lainnya," ujar Abdul Hakam.

Sedangkan upaya mencegah penyebaran lebih luas, menurut Abdul Hakam, Pemkot Semarang bersama instansi terkait seperti TNI, Polri dan pihak lain melakukan percepatan vaksinasi covid-19. "Kita minta pemantauan sekolah juga ditingkatkan serta lakukan sterilisasi ke gedung yang terdapat warga terpapar covid-19," imbuhnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Ist

Yayasan Amirul Ummah Salurkan 5.000 Alquran di Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:21 WIB
Sebanyak 5.000 Al Qur’an disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Lokasi meliputi tempat-tempat pengajian serta masjid dan...
ANTARA

Mengulik Kesiapan Sulbar Jadi Penyangga IKN 

👤Hartanto, Pranata humas muda pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mamasa, Sulbar 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:15 WIB
SULAWESI Barat mulai mempersiapkan diri menjadi daerah utama penyangga ibu kota nusantara...
Ist

Floratama Academy 2022 Bangkitkan UMKM Parekraf di Wilayah NTT

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:36 WIB
Flotama Academy merupakan program inkubasi pengusaha UMKM berbentuk pelatihan, peningkatan kapasitas, dan pendampingan di 17 bidang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya