Jumat 14 Agustus 2020, 19:57 WIB

Denda Progresif Menanti Restoran dan Hotel

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Denda Progresif Menanti Restoran dan Hotel

Antara
Ilustrasi

 

PEMPROV DKI tengah menggodok aturan denda progresif. Aturan itu ditujukan bagi pihak yang melanggar aturan protokol berulang kali. Selain individu, sasaran denda progresif ditujukan ke pihak resto dan perhotelan.

"Kami sedang susun regulasi adanya denda progresif bagi unit-unyi kegiatan seprti resto, hotel, perkantoran dan lainya yang melanggar (aturan PSBB)," jelas Riza di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (14/8).

Ada tahapan sanksi yang bakal dikenakan oleh Satpol PP. Yakni sanksi adminstrasi berupa teguran, penutupan sementara sampai pencabutan izin bagi pengelola usaha.

DKI pun bakal memberikan sanksi pidana terhadap bagi pelanggar protokol kesehatan saat PSBB masa transisi.

Menurut Riza, untuk sanksi pidana sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran PSBB dalam Rangka Penanganan Covid-19. Namun, belum diefektifkan

"Kemarin kami sudah diskusikan sama Kajati, Kapolda, dimungkinkannya adanya sanksi pidana. Kita lihat nanti," ungkap Ketua DPP Gerindra itu.

Menurutnya, adanya sanksi pidana tersebut dapat membuar efek jera pelanggar yang kerap berulang kali mengabaikan protokol kesehatan.

Kasus teranyar ialah DKI mengajukan penyegelan terhadap Hotel Shangri-La Jakarta yang didapati melanggar aturan dengan salah satu barnya nekat buka.

"Sekali lagi kami enggga ingin sanksi ini berlaku. Untuk itu kita minta masyarakat lebih disiplin dan patuh supaya kita bisa putus penyebaran rantai covid-19," pungkasnya. (OL-8).

Baca Juga

ANTARA

Pengunjung di Bawah 12 Tahun Sudah Boleh Masuk TMII

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:55 WIB
pengunjung anak di bawah usia 12 tahun juga tetap harus mengikuti persyaratan yaitu didampingi oleh orang tua yang sudah menerima vaksin...
Antara/Hafidz Mubarak.

Area Publik, Taman Umum, Tempat Wisata Jakarta Dibuka 25% Kapasitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:25 WIB
Adapun pelonggaran di tempat wisata dan taman itu di antaranya jam operasional hingga pukul 21.00...
MI/Bary Fathahilah

Rawan Tumbang, 2 Ribu Pohon di Depok Dipangkas

👤Kisar Rajaguguk 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:08 WIB
Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Indra Kusuma, menyampaikan ada 2 ribu pohon rindang di Kota Depok...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya