Kamis 02 Juli 2020, 08:45 WIB

Ikappi: Sosialisasi Larangan Plastik Sekali Pakai Minim

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Ikappi: Sosialisasi Larangan Plastik Sekali Pakai Minim

Antara/Akbar Nugroho Gumay
Pedagang memasukkan belanjaan ke dalam tas belanjaan saat bertransaksi di Pasar Tebet Barat Jakarta

 

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) menilai sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 142 tahun 2019 tentang kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat ke pedagang pasar minim.

"Banyak pedagang belum mendapatkan informasi yang lebih detail dan utuh tentang sosialisasi soal larangan plastik sekali pakai itu," ungkap Ketua Bidang Hukum & Advokasi DPP IKAPPI Miftahudin dalam keterangan resminya, Kamis (2/7).

Oleh karena itu, Ikappi meminta jajaran Gubernur Anies Baswedan untuk melakukan langkah-langkah maksimal dalam proses edukasi dan sosialisasi. Pedagang pasar, katanya, perlu dingatkan soal pentingnya mengetahui bahaya penggunaan kantong plastik.

Baca juga: KCI Sebut Protokol Kesehatan di KRL Cukup Ketat

"Kami mendorong kepada Pemprov agar melibatkan pedagang pasar atau kelompok-kelompok pedagang pasar atau ketua-ketua blok pasar untuk ikut membantu mensosialiasikan. Itu jauh lebih efektif," jelas Miftahudin.

Menurutnya, pelibatan pedagang dalam setiap kebijakan Pemprov DKI itu menjadi kunci keberhasilan program itu dilaksanakan.

Setelah 6 bulan sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, pelarangan penggunaan kantong belanja sekali pakai pada pusat perbelanjaan, swalayan, dan pasar rakyat di seluruh wilayah Jakarta berlaku kemarin.

“Aturan ini (Pergub nomor 142 tahun 2019) berlaku mulai 1 Juli 2020. Karena itu seluruh pertokoan baik itu toko swalayan, pasar rakyat, pusat perbelanjaan, semua berkewajiban menyediakan kantong belanja ramah lingkungan,” ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota, Rabu (1/7). (OL-14)

 

Baca Juga

Dok.Humas

Era Entrepreneur Saatnya Anak Muda Berkarya

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:05 WIB
SEBAGAI anak muda harus partisipasi aktif dalam membangkitkan ekonomi di era...
MI/Andri Widiyanto

PTM SMA-SMK di Depok Bakal Ditunda Lagi

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:20 WIB
RENCANA pembelajaran tatap muka (PTM) bagi SMA-SMK di Kota Depok yang rencananya di mulai 19 Juli 2021 kemungkinan ditunda...
MI/Rudi Kurniawansyah

Vaksinasi Massal Zona 1 Kota Bekasi Diikuti 4 ribu Orang

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 09:05 WIB
PEMERINTAH Kota Bekasi menggelar vaksinasi massal yang diikuti sekitar 4.000 orang di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya