Kamis 02 Juli 2020, 08:45 WIB

Ikappi: Sosialisasi Larangan Plastik Sekali Pakai Minim

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Ikappi: Sosialisasi Larangan Plastik Sekali Pakai Minim

Antara/Akbar Nugroho Gumay
Pedagang memasukkan belanjaan ke dalam tas belanjaan saat bertransaksi di Pasar Tebet Barat Jakarta

 

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) menilai sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 142 tahun 2019 tentang kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat ke pedagang pasar minim.

"Banyak pedagang belum mendapatkan informasi yang lebih detail dan utuh tentang sosialisasi soal larangan plastik sekali pakai itu," ungkap Ketua Bidang Hukum & Advokasi DPP IKAPPI Miftahudin dalam keterangan resminya, Kamis (2/7).

Oleh karena itu, Ikappi meminta jajaran Gubernur Anies Baswedan untuk melakukan langkah-langkah maksimal dalam proses edukasi dan sosialisasi. Pedagang pasar, katanya, perlu dingatkan soal pentingnya mengetahui bahaya penggunaan kantong plastik.

Baca juga: KCI Sebut Protokol Kesehatan di KRL Cukup Ketat

"Kami mendorong kepada Pemprov agar melibatkan pedagang pasar atau kelompok-kelompok pedagang pasar atau ketua-ketua blok pasar untuk ikut membantu mensosialiasikan. Itu jauh lebih efektif," jelas Miftahudin.

Menurutnya, pelibatan pedagang dalam setiap kebijakan Pemprov DKI itu menjadi kunci keberhasilan program itu dilaksanakan.

Setelah 6 bulan sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, pelarangan penggunaan kantong belanja sekali pakai pada pusat perbelanjaan, swalayan, dan pasar rakyat di seluruh wilayah Jakarta berlaku kemarin.

“Aturan ini (Pergub nomor 142 tahun 2019) berlaku mulai 1 Juli 2020. Karena itu seluruh pertokoan baik itu toko swalayan, pasar rakyat, pusat perbelanjaan, semua berkewajiban menyediakan kantong belanja ramah lingkungan,” ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota, Rabu (1/7). (OL-14)

 

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Dua Warga Depok Positif Covid-19 Sepulang Mudik Lebaran

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 18 Mei 2021, 07:51 WIB
Dari 357 pemudik yang dites di pos penyekatan depok, dua orang di antaranya terkonfirmasi positif...
MI/Adam Dwi

Hari Ini, Ancol Kembali Dibuka

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 18 Mei 2021, 07:46 WIB
Manajemen Ancol melakukan evaluasi kembali protokol kesehatan dan tetap melakukan persiapan lainnya agar pelayanan saat buka kembali dapat...
dok.mi

Hari ini Layanan SIM Keliling di Jakarta Dibuka Lagi

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 18 Mei 2021, 07:35 WIB
POLDA Metro Jaya kembali membuka lima layanan SIM Keliling bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan masa berlaku Surat Izin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tempat Wisata Tetap Pilihan Utama

LIBUR Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya