Senin 20 Juli 2020, 16:39 WIB

305 Pedagang Pasar di Jakarta Positif Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
305 Pedagang Pasar di Jakarta Positif Covid-19

MI/Fransisco Carolio
Pasar Cempaka Putih yang ditutup akibat sejumlah pedagang positif covid-19.

 

SAMPAI saat ini, 305 pedagang pasar di Jakarta positif covid-19. Data itu diungkapkan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi).

Asosiasi pun fokus memberikan perlindungan terhadap pedagang. "Sudah 45 pasar yang ditutup di DKI Jakarta. Menjadi fokus dan pelajaran penting untuk ditindaklanjuti tahapan program yang akan dilakukan Ikappi dan jajaran unit kerja pasar," ujar Ketua DPP Ikappi, Miftahudin, Senin (20/7).

Sejumlah pengelola pasar diketahui melakukan tes swab terhadap pedagang. Misalnya, Pasar Cempaka Putih. Dari 98 pedagang yang menjalani tes swab, sekitar 70 pedagang dinyatakan positif covid-19.

Baca juga: ASN Ikut Awasi Protokol Kesehatan, Pasar Jaya: Lebih Efektif

"Ini adalah bagian penting yang akan kita sinkronisasi dengan pasar lain, yang sedang menjalani proses rapid test dan swab test di DKI Jakarta," ungkap Miftahudin.

Ikappi fokus melakukan pemberdayaan dan edukasi di 155 pasar wilayah Ibu Kota. Secara nasional, DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi dengan kasus covid-19 tertinggi dalam sebulan terakhir.

"Ini adalah tantangan bagi Ikappi DKI Jakarta untuk memperkuat dan menambah eksistensi penguatan di pasar tradisional. Termasuk, memperkuat konsolidasi organisasi dan pendampingan terhadap pedagang," jelasnya.

Baca juga: Pasar Akan Ditutup Bila Ditemukan Kasus Positif Covid-19

Pemberdayaan dan edukasi dilakukan bersama dengan pedagang atau anggota Ikappi di seluruh pasar. Miftahudin mengatakan pihaknya berkonsolidasi dengan membagikan tugas kepada setiap ketua unit pasar.

"Kami melakukan edukasi di semua pasar bersama anggota dan paguyuban pasar. Kami juga menjalankan program pembagian 200 ribu masker pada pertengahan bulan ini. Sembari kita terus mendorong pedagang menjalankan protokol kesehatan," pungkas Miftahudin.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Anies: Ada Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Setelah Libur Lebaran

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:04 WIB
Meski ada larangan mudik Lebaran, namun Anies tidak menampik terjadi pergerakan penduduk dalam jumlah besar. Diprediksi, 1,2 juta...
Antara

Kapolda Metro: Penyekatan Kurangi Arus Mudik Hingga 50%

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 14:56 WIB
Saat ini, Polda Metro Jaya fokus mengantisipasi arus balik Lebaran, berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya untuk melakukan...
ANTARA

Antisipasi Arus Balik, Anies Lakukan Dua Lapis Pengetatan

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 14:45 WIB
Anies mengatakan lapis pertama adalah melakukan skrining terhadap kendaraan pribadi di pintu masuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya