Jumat 08 Mei 2020, 15:02 WIB

​​​​​​​Satpol PP Siapkan Sanksi Sosial Bagi Pelanggar PSBB

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
​​​​​​​Satpol PP Siapkan Sanksi Sosial Bagi Pelanggar PSBB

MI/ANDRI WIDIANTO
Petugas gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP, dan Dishub melakukan pengawasan di Check point PSBB Jl Raya Bogor.

 

KEPALA Satpol PP DKI Jakarta Arifin kini sedang menyiapkan aturan teknis soal pemberian sanksi sosial bagi para pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Arifin menyebutkan sanksi sosial bisa diberikan langsung di tempat dan waktu saat ada warga yang melakukan pelanggaran seperti berkerumun di tempat umum.

"Iya kalau yang masi bandel-bandel nanti ketemu lagi sanksi hukumnya ada. Bisa sanksi sosial. Sedang kita rumuskan nantilah diumumkan," kata Arifin saat dihubungi, Jumat (8/5).

Baca juga: DPRD: Menteri Jokowi Jangan Salahkan Anies soal Bansos

Arifin menjelaskan sanksi sosial jenis-jenisnya bisa bermacam-maca seperti yang paling sederhana adalah hukuman membersihkan sarana dan prasarana kota.

"Di tempat saja langsung. Orang sedang nongkrong dibuat surat keterangan teguran tertulis terus kasih sapu. Kita kasih rompi seperti KPK itu warna oranye tapi ada tulisan pelanggar PSBB disuruh nyapu," paparnya.

Saat ini teknis aturan itu belum ditetapkan sehingga belum bisa dilakukan. Namun, menurutnya, sanksi ini apabila nanti sudah diterapkan akan bisa membawa efek jera kepada warga. (A-2)

 

 

Baca Juga

Ilustrasi

Lagi, Polisi Tangkap Pemalsu Surat Palsu Hasil Tes Swab

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:17 WIB
Subdit 4 Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya menangkap tujuh orang yang merupakan pembuat hingga pengguna surat tes swab...
Humas pemkob Bogor

Bima Arya: Perlu Satu Aplikasi Update RS Covid-19 se-Jabodetabek

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:14 WIB
Menurut Arya, hal ini bisa membantu keresahan warga yang kebingungan dan kesulitan untuk mengetahui rumah sakit yang kosong. Ketika ada...
Ilustrasi

Dua Pekan ini, Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Naik 34%

👤Selamat Saragih 🕔Senin 25 Januari 2021, 16:43 WIB
Kasus positif covid-19 di Jakarta dalam dua pekan terakhir masih tinggi, data Dinas Kesehatan DKI menyebutkan terjadi peningkatan 34%...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya