Selasa 28 Januari 2020, 16:43 WIB

DPR Pertanyakan Revitalisasi Monas ke Mensesneg

Nur Aivanni | Megapolitan
DPR Pertanyakan Revitalisasi Monas ke Mensesneg

MI/Bary Fatahilah
Suasana proyek revitalisasi Monas di Taman Silang Merdeka, Jakarta, yang terancam dimoratorium.

 

KOMISI II DPR RI mempertanyakan polemik proyek revitalisasi Monumen Nasional (Monas). Hal itu mengemuka dalam rapat kerja Komisi II dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

Anggota Komisi II Fraksi PDIP, Junimart Girsang, menyebut revitalisasi Monas sebagai kejahatan lingkungan karena menebang banyak pohon. Dia menilai revitalisasi tersebut melanggar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

"Apakah penebangan tersebut pernah mendapatkan izin dari komisi pengarah? Tolong jangan dibiarkan, ini kejahatan lingkungan. Jangan sampai berlarut-larut. Saya tekankan penebangan pohon tersebut menimbulkan genangan banjir yang terakhir. Bagi kami perlu dihentikan dulu, sampai ada izin dari komisi pengarah," tutur Junimart di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (28/1).

Sementara itu, Anggota Komisi II Fraksi PDIP, Paryono, menyoroti masalah koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait revitalisasi Monas. "Terkesan (Pemprov) DKI dan (pemerintah) pusat tidak ada sinkronisasi. Mohon diperjelas, dipertajam soal seperti ini. Sehingga tidak akan timbul persoalan. Seolah-olah pemerintah pusat ini terdegradasi dengan pemerintahan di bawahnya," pungkasnya.

Pernyataan Paryono pun diamini Wakil Ketua Komisi II, Arwani Thomafi, mengenai pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. "Idealnya,, dari awal ada koordinasi yang lebih baik. Sehingga, tidak muncul polemik di kemudian hari. Apalagi sampai Kementerian Sekretariat Negara berkirim surat, meminta pemberhentian proyek," tandas Arwani.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

PPKM DKI Dilonggarkan, Aktivitas Luar Rumah Hingga Pukul 20.00

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 08:06 WIB
Sebelumnya, aktivitas di luar rumah, seperti perkantoran, tempat usaha, dan tempat makan dibatasi hingga pukul 19.00...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Anies Minta Satgas RT/RW Lebih Maksimal Cegah Penyebaran Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:03 WIB
Satgas covid-19 di tingkat RW ini memegang peranan penting, khususnya untuk menekan laju penyebaran virus di tingkat keluarga serta...
Antara

Polres Jakbar Bekuk Bandar Sabu Jaringan Palembang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 23:07 WIB
Dari tangan D aparat kepolisian mengamankan 5 paket besar dan jika ditotal dengan tersangka S maka jumlah sekitar 6 paket...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya