Rabu 14 Agustus 2019, 09:43 WIB

DPRD DKI Setujui Penambahan Dana Hunian DP Nol Rp800 Miliar

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
DPRD DKI Setujui Penambahan Dana Hunian DP Nol Rp800 Miliar

MI/Ramdani
Warga mendatangi lokasi proyek perumahan DP 0 rupiah yang menjadi salah satu program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Dalam pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019, dipastikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyetujui usulan penyertaan modal daerah (PMD) PT Pembangunan Sarana Jaya untuk pengadaan lahan hunian DP 0 rupiah.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana mengatakan anggaran PMD yang disetujui sebesar Rp 800 miliar untuk pengadaan lahan hunian DP 0 rupiah.

"Itu termasuk yang disetujui oleh Komisi B Komisi C dan juga Banggar jadi rasanya DPRD mendorong DP 0 lebih luas," kata pria yang akrab disapa Sani seusai rapat KUPA-PPAS 2019 di ruang serbaguna, Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, (13/8).

Dalam rapat itu, anggota Komisi C Cita Mega menjelaskan, untuk BUMD yang diberikan PMD kepada PT Pembangunan Sarana Jaya sebesar Rp 800 miliar telah disetujui.

"Dengan rinciannya pengadaan tanah hunian DP 0% sebesar Rp 550 miliar, pembelian tanah di jalan Cikini Raya sebesar 250 miliar, dengan ini komisi C menyetujui," sebutnya.

Sebelumnya, pengajuan anggaran itu sempat disoroti Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Dimana agar Pemprov DKI agar memanfaatkan hunian DP 0 rupiah secara tepat sasaran kepada masyarakat menengah ke bawah.

Pras juga mengusulkan agar pembangunan hunian DP 0 rupiah selanjutnya tidak menyertakan pembangunan parkiran mobil.

"Perlu digaris bawah supaya tidak ada masyarakat yang tidak berpunya justru memiliki rumah DP 0. Pemprov mendorong agar masyarakat bawah memiliki rumah. Jangn sampai beralih ke masyarakat yang menengah ke atas," sebutnya

Diketahui Pemprov DKI Jakarta membacakan usulan PMD yang diajukan Badan Usaha Milik Daerah dalam rapat KUPA-PPAS 2019 Senin (12/8) lalu.

BUMD yang mengajukan PMD pada APBD-P 2019 ini salah satunya PT Pembangunan Sarana Jaya. Sarana Jaya mengajukan PMD sebesar Rp 800 miliar untuk pengadaan lahan hunian DP 0 rupiah. Dengan demikian anggaran APBD 2019 yang sebelumnya sebesar Rp 1,8 triliun menjadi Rp 2,6 triliun. (OL-09)

Baca Juga

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI

Formula E Terkesan Dipaksakan, PSI Ungkap 3 Kejanggalan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 28 Januari 2021, 03:35 WIB
Jakpro (perusahaan) yang terikat kewajiban finansial karena Jakpro yang tandatangan kontrak tapi kok rakyat yang disuruh bayar menggunakan...
Antara/Aprilio Akbar

Polisi Bekuk 2 Pelaku Begal Sepeda di Jakarta Barat

👤Rahmarul Fajri 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:54 WIB
Kedua pelaku berinisial AS dan TT ditangkap di Kresek, Tangerang Kabupaten, Banten pada Rabu (27/1)...
Antara

Flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung Diuji Coba Pekan Ini

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 27 Januari 2021, 21:00 WIB
Hari menambahkan, selama uji coba masyarakat bisa menggunakan kedua flyover...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya