Minggu 15 Januari 2023, 14:25 WIB

Korban Tewas Badai Filipina Bertambah Menjadi 27 Orang

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Korban Tewas Badai Filipina Bertambah Menjadi 27 Orang

AFP
Longsor di Filipina

 

SEJUMLAH 27 orang tewas akibat badai yang melanda di seluruh Filipina bulan ini, sementara badan cuaca setempat memperingatkan hujan lebat yang terus berlanjut di negara Asia Tenggara tersebut.

Pihak berwenang menyebut hujan deras dan banjir melanda pulau-pulau selatan dan tengah negara itu sejak akhir pekan Natal, memaksa ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

Kantor pertahanan sipil melaporkan sejak awal tahun, setidaknya tiga badai telah menewaskan 27 orang di seluruh negeri dan sebelas orang dilaporkan terluka lalu tiga hilang.

Badan cuaca negara bagian PAGASA memperingatkan tentang hujan lebat di atas Semenanjung Bicol dan provinsi Quezon di ujung selatan pulau utama Luzon.

“Dalam kondisi seperti ini, banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh hujan kemungkinan besar terjadi di daerah yang sangat… rentan terhadap bahaya ini,” kata PAGASA dalam sebuah peringatan.

Baca juga: Tiongkok dan Filipina Klaim Sepakati Isu LCS

Lebih dari 83.000 orang berlindung di pusat-pusat evakuasi, menurut kantor pertahanan sipil, dan lebih dari 1.200 rumah rusak akibat banjir dan hujan lebat.

Filipina berada di antara negara-negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim, dan para ilmuwan telah memperingatkan badai menjadi lebih kuat saat dunia menjadi lebih hangat. (AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/YASUYOSHI CHIBA

Sekitar 550 Objek Budaya Ukraina Hancur Diserang Rusia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 22:38 WIB
WAKIL Direktur Jenderal Institut Ukraina Alim Aliev mengungkapkan sekitar 550 objek budaya Ukraina hancur akibat serangan rudal Rusia...
AFP/ILYAS AKENGIN

KBRI Ankara: Beberapa WNI masih Dalam Pencarian Pascagempa

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:41 WIB
Ada seorang ibu dengan dua anak yang sampai saat ini belum berhasil kami hubungi. Kata Dubes RI di...
Adem ALTAN / AFP

Erdogan Tetapkan Status Tanggap Darurat selama Tiga Bulan

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:20 WIB
Erdogan mengatakan status darurat itu berlaku di 10 provinsi yang paling terdampak gempa. Jumlah korban tewas di Turki mencapai 3.419...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya