Kamis 05 Januari 2023, 23:54 WIB

Tiongkok dan Filipina Klaim Sepakati Isu LCS

Cahya Mulyana | Internasional
Tiongkok dan Filipina Klaim Sepakati Isu LCS

AFP
Ilustrasi China Selatan

 

TIONGKOK dan Filipina mengklaim telah sepakat untuk membentuk tim khusus membahas Laut China Selatan (LCS). Kedua negara juga sepakat menangani perselisihan jalur pelayaran.

Kesepakatan itu hasil dari pertemuan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Junior dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, Kamis (5/1). Beijing dan Manila telah lama berselisih sejak 2016 hingga maju ke meja pengadilan arbitrase memperebutkan batas wilayah di LCS.

Sejak saat itu, Manila terus menyuarakan keprihatinan atas laporan aktivitas konstruksi Tiongkok di pulau-pulau di LCS. Xi dan Marcos menyampaikan pernyataan bersama tentang hasil kesepakatan LCS.

"Pertukaran pandangan yang mendalam dan jujur ????tentang situasi di LCS dan menekankan bahwa masalah maritim tidak mencakup keseluruhan hubungan antara kedua negara," ungkap keduanya.

Kedua pemimpin juga menyepakati penyelesaian isu ini dengan mengutamakan jalur diplomasi. Kedua negara menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas serta kebebasan navigasi dan penerbangan di LCS.

Perjalanan tiga hari Marcos ke Beijing, kunjungan resmi pertamanya ke Tiongkok sebagai presiden. Dia menjadi pemimpin asing pertama yang dijamu oleh Tiongkok pada 2023.

"Pertemuan ini juga berbicara banyak tentang hubungan dekat antara kedua negara," kata Xi kepada Marcos.

Marcos mengatakan kedua belah pihak membahas cara yang kemungkinan dapat memicu kesalahpahaman. Marcos juga menyampaikan kepada Xi tentang nelayan Filipina sering dijegal penjaga pantai Tiongkok.

“Presiden (Xi) berjanji akan menemukan kompromi dan menemukan solusi yang bermanfaat agar nelayan kami dapat menangkap ikan lagi di daerah penangkapan ikan alami mereka,” katanya. (OL-8)

Baca Juga

AFP

PM Anwar Ibrahim Tunjuk Puterinya Jadi Penasihat Bidang Ekonomi

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:55 WIB
Anwar Ibrahim mengatakan bahwa Nurul Izzah tidak dibayar untuk peran penasihat senior. Penunjukan itu mulai berlaku pada 3 Januari...
Bulent Kilic/AFP

Militer Rusia Kuasai Desa Dekat Bakhmut di Donetsk

👤 Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:37 WIB
Rusia mengatakan telah merebut sebuah desa di pinggiran utara Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina. Desa Blahodatne, yang berjarak sekitar...
AFP/Handout / Pakistan

Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Pakistan Jadi 100 Orang

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:33 WIB
Sebagian besar korban yang tewas dalam aksi pengeboman bunuh diri pada Senin (30/1) petang itu adalah anggota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya