Jumat 02 Desember 2022, 14:52 WIB

13.000 Tentara Ukraina Tewas Selama Invasi Rusia

Cahya Mulyana | Internasional
13.000 Tentara Ukraina Tewas Selama Invasi Rusia

AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat meninjau wilayah yang terdampak invasi Rusia.

 

SEKITAR 13 ribu tentara Ukraina tewas dalam pertempuran melawan militer Rusia dalam sembilan bulan terakhir. Dengan bentrokan yang semakin intens, tentara Ukraina juga harus berjuang di tengah cuaca dingin.

"Kami memiliki angka resmi dari komando tertinggi. Jumlah tentara yang tewas mencapai 13 ribu orang,” ujar Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak.

Data itu merupakan pembaruan dari jumlah tentara Ukraina yang tewas melawan Rusia. Pada Agustus lalu, angkatan bersenjata Ukraina menyampaikan bahwa hampir 9 ribu tentara tewas.

Baca juga: Rusia Pastikan Terus Targetkan Infrastruktur Energi Ukraina

"Kami tidak akan menutupi jumlah korban tewas akibat serangan Rusia,” imbuh Podolyak.

Bahkan, tegas dia, lebih banyak tentara yang terluka daripada yang tewas. Jumlah korban militer belum dikonfirmasi oleh angkatan bersenjata Ukraina. Zelensky dikatakannya segera mempublikasikan data resmi ketika saat yang tepat tiba.

Militer Ukraina melakukan serangan balik kilat pada September, yang membuat mereka menguasai kembali sebagian besar wilayah di timur laut dan selatan dari Rusia. Termasuk, Kota Kherson, salah satu wilayah strategis yang telah diduduki militer Rusia tak lama setelah invasi pada 24 Februari.

Baca juga: Abaikan Serangan Rusia, Ukraina Fokus Halau Gelap

Dengan cuaca yang semakin dingin, bentrokan paling intens kini terjadi di wilayah timur Donetsk. Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron berjanji untuk mempertahankan dukungan terhadap Ukraina, serta mengutuk agresi ilegal Rusia.

Pada bulan lalu, jenderal tinggi AS memperkirakan bahwa serangan militer Rusia telah menyebabkan lebih dari 100 ribu tentara tewas di Ukraina. Sementara, ribuan warga sipil Ukraina juga banyak yang menjadi korban tewas dan korban cacat selama perang.(Aljazeera/OL-11)

Baca Juga

Dok Kementerian Luar Negeri

Indonesia Salurkan Bantuan Tahap I untuk Korban Gempa Turki

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:47 WIB
Kondisi di lokasi gempa tergolong berat sehingga menyulitkan akses masuk, khususnya di Gaziantep City Center, Nurdagi, Hatay dan...
AFP

Zelensky Kunjungi Inggris untuk Jemput Bantuan

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:50 WIB
Ukraina akan mendapatkan bantuan dari Inggris berupa pelatihan pilot jet...
AFP/Citra satelit ©2023 Maxar Technologies.

Kebanyakan WNI di Suriah dan Turki Berada di Zona Aman

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:33 WIB
MAYORITAS Warga Negara Indonesia (WNI) di Suriah dan Turki dalam kondisi selamat dan berada di daerah yang tidak terdampak gempa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya