Selasa 08 November 2022, 08:31 WIB

Di Tengah Berbagai Krisis, Zelensky Minta Rusia Terlibat Perdamaian

Cahya Mulyana | Internasional
Di Tengah Berbagai Krisis, Zelensky Minta Rusia Terlibat Perdamaian

Genya SAVILOV / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) dan Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou saat jumpa pers di Kyiv, Ukraina, Kamis (3/11).

 

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa sangat penting untuk mewajibkan Rusia untuk berpartisipasi dalam pembicaraan damai. Ukraina sangat dibutuhkan dunia sebagai kekuatan destabilisasi dalam berbagai masalah, termasuk perubahan iklim.

Dalam video pidatonya pada Senin (8/11), Zelensky mencela pengaruh destabilisasi Rusia saat dunia menghadapi perang, krisis energi dan pangan, dan hancurnya hubungan internasional biasa.

"Isu perubahan iklim, benar-benar menderita tetapi tidak bisa ditunda. Jadi siapa pun yang serius dengan agenda iklim juga harus serius tentang perlunya segera menghentikan agresi Rusia, memulihkan integritas teritorial kami, dan memaksa Rusia ke dalam negosiasi perdamaian sejati," kata Zelensky.

Baca juga: Demi Kemanusiaan, Erdogan Tetap Fasilitasi Ekspor Gandum dari Ukraina

Zelensky juga mengatakan dia tidak mengesampingkan penambahan daftar perusahaan besar swasta yang dapat diambil alih sebagai bagian dari upaya perang Ukraina.

"Saya tidak mengesampingkan keputusan serupa lebih lanjut," kata Zelensky dalam pidato sebelumnya usai Ukraina mengumumkan telah mengambil kendali atas saham di lima perusahaan besar. (AFP/Cah/OL-09)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya