Selasa 20 September 2022, 05:15 WIB

Siapa, Berapa, dan Apa Saja yang Terlibat dalam Pemakaman Ratu Elizabeth II

Mesakh Ananta Dachi | Internasional
Siapa, Berapa, dan Apa Saja yang Terlibat dalam Pemakaman Ratu Elizabeth II

AFP/HENRY NICHOLLS
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II

 

PERISTIWA seputar pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9), menutup upacara 10 hari berkabung nasional, dan disaksikan ratusan ribu orang yang memadati jalan-jalan London dan jutaan di seluruh dunia. Itu hanya beberapa dari deretan angka mengejutkan yang dihasilkan oleh kematian ratu berusia 96 tahun setelah pemerintahan selama 70 tahun.

Baca juga: Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat Tinggal kepada Ratu Elizabeth II

Berikut adalah beberapa catatan angka dari upacara pemakaman Ratu Elizabeth II:

  • 2.000: pejabat dan tamu di Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan, mulai dari Raja Charles III dan bangsawan lainnya hingga pemimpin dunia termasuk Presiden AS Joe Biden hingga anggota Publik Inggris yang membantu memerangi pandemi covid-19.
  • 800: tamu pada kebaktian penguburan di Kapel St George di Kastil Windsor.
  • 5.949: personel yang militer dikerahkan di seluruh operasi koreografi cermat yang dimulai dengan kematian ratu pada 8 September di Balmoral Estate di Dataran Tinggi Skotlandia. Jumlah itu terdiri dari 4.416 angkatan darat, 847 angkatan laut dan 686 angkatan udara. Selain itu, sekitar 175 personel angkatan bersenjata dari negara-negara Persemakmuran telah terlibat.
  • 1.650: personel militer yang terlibat dalam prosesi penuh kemegahan peti mati ratu dari Westminster Abbey ke Wellington Arch setelah pemakamannya. 1.000 lagi berbaris di jalan-jalan di sepanjang rute prosesi Ketika peti mati mencapai Windsor, 410 personel militer akan ambil bagian dalam prosesi, 480 akan berbaris di jalan-jalan, 150 akan berada di barisan penjaga kehormatan dan tangga baris dan 130 lainnya akan memenuhi tugas-tugas seremonial lainnya .
  • 142: pejabat Angkatan Laut Kerajaan ditugaskan untuk menarik pelatuk meriam negara yang membawa peti mati ratu pada hari Senin dari Gedung Parlemen untuk pemakamannya dan setelah itu untuk prosesi melalui London.
  • Lebih dari 10.000: petugas polisi. Wakil Asisten Komisaris Polisi Metropolitan Stuart Cundy mengatakan operasi kepolisian "sangat kompleks" adalah yang terbesar dalam sejarah pasukan London, melampaui Olimpiade London 2012 yang melihat hingga 10.000 petugas polisi bertugas per hari.
  • 262: tahun sejak terakhir kali pemakaman diadakan di Westminster Abbey untuk seorang raja Inggris. Pemakaman Raja George II diadakan di biara pada 1760.
  • 22: Penghalang jalan (36 kilometer) didirikan di pusat kota London saja untuk mengendalikan massa dan menjaga area-area penting di sekitar Gedung Parlemen, Westminster Abbey, dan Istana Buckingham agar aman.
  • 1 juta: orang yang diperkirakan otoritas transportasi London mengunjungi ibu kota pada Senin (19/9). Sekitar 250 layanan kereta api tambahan akan dijalankan untuk memindahkan orang masuk dan keluar kota.
  • 5: Mil (8 kilometer) orang yang berbaris untuk melewati peti mati ratu di Westminster Hall. Antrean raksasa membentang kembali dari Gedung Parlemen di sepanjang tepi selatan Sungai Thames hingga Southwark Park. Jumlah orang yang melihat peti mati selama empat hari belum diketahui.
  • 125: Bioskop yang membuka pintu untuk menyiarkan langsung pemakaman hari Senin.
  • 2.868: Berlian, bersama dengan 17 safir, 11 zamrud, 269 mutiara, dan 4 rubi, berkilauan di Mahkota Negara Kekaisaran yang terletak di peti mati ratu saat terbaring di negara bagian.
  • 2: menit Mengheningkan cipta selama beberapa menit di akhir pemakaman di Westminster Abbey.
  • 1: Peti jenazah. Mata sunyi dalam badai kemegahan, arak-arakan, dan perlindungan selama berhari-hari adalah peti mati kayu ek tunggal yang terbungkus bendera yang membawa satu-satunya ratu yang pernah dikenal oleh orang Inggris. Dan dunia. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Warga Diaspora Iran Ikut Kecam Aturan Hijab

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 26 September 2022, 14:03 WIB
 Sejumlah kelompok diaspora Iran dan aktivis di Athena, Berlin, Brussels, Istanbul, Madrid, Paris, hingga New York turut menggelar...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Indonesia Ajak GNB Penuhi Janji ke Palestina

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 26 September 2022, 13:55 WIB
Indonesia berada pada posisi paling depan dalam memperjuangkan kemerdekaan...
AFP/Andreas SOLARO

PM Baru Italia, Giorgia Meloni Berpidato Atas Kemenangannya

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 26 September 2022, 12:03 WIB
Calon Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni berterima kasih kepada seluruh rakyat Italia yang telah memilihnya pada Pemilihan Umum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya