Sabtu 10 September 2022, 21:00 WIB

Raja Charles III Berpidato untuk Mama Tersayang dan Papa Terkasih

Meilani Teniwut | Internasional
Raja Charles III Berpidato untuk Mama Tersayang dan Papa Terkasih

AFP/Yui Mok.
Raja Inggris Charles III berpidato yang disiarkan televisi kepada Bangsa dan Persemakmuran dari Ruang Gambar Biru di Istana Buckingham.

 

WAFATNYA Ratu Elizabeth II membuka era baru Kerajaan Inggris setelah 70 tahun bersama perempuan tersebut. Anaknya Pangeran Charles kini naik menjadi raja.

Kepergian sang ibu membuat anaknya Charles mengeluarkan pernyataan resmi tentang kematian ibunya, Elizabeth. Dikutip dari theguardian.com, dirinya mengucapkan terima kasih kepada sang ibu. 

Raja Charles berkata kepada Elizabeth yang dipanggilnya mama tersayang, "Semoga penerbangan para malaikat menyanyikanmu untuk istirahatmu." Raja mengatakan dia, "Mengandalkan bantuan penuh kasih dari istri tercinta saya, Camilla," yang menjadi Permaisuri, "Sebagai pengakuan atas pelayanan publiknya yang setia."

Dalam pidatonya, Charles mengakhiri dengan catatan pribadi untuk mama tersayangnya. "Saat Anda memulai perjalanan besar terakhir Anda untuk bergabung dengan almarhum Papa saya yang terkasih, saya hanya ingin mengatakan ini, 'Terima kasih. Terima kasih atas cinta dan pengabdian Anda kepada keluarga kami dan keluarga bangsa-bangsa yang telah Anda layani dengan rajin selama ini.' Semoga penerbangan malaikat menyanyikanmu untuk istirahatmu."

Charles menyimpulkan, "Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu sangat dihormati."

Istana Buckingham mengumumkan kematian ratu dalam pernyataan resmi pada Kamis yang berbunyi, "Sang Ratu meninggal dengan damai di Balmoral sore ini." Pernyataan itu melanjutkan, "Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok." 

Berita kematian Ratu Elizabeth datang dengan momen sejarah lain bahwa dia segera digantikan oleh putra sulungnya, Charles, yang sekarang akan menjadi raja. Putra sulung Raja Charles, Pangeran William, 40, kini berada di urutan berikutnya dalam urutan tahta paling terkenal di dunia, diikuti oleh putra sulungnya, Pangeran George, 9.

Baca juga: Daftar 15 Orang dalam Urutan Suksesi Raja Charles III

Ratu Elizabeth II meninggal tak lama setelah suami tercinta, Pangeran Philip, yang lebih dulu pergi pada usia 99 pada Juni 2021. Kematian Ratu terjadi setelah setahun mengalami berbagai masalah kesehatan. Pada Oktober 2021, dia keluar dengan tongkat. Pada bulan yang sama, dia membatalkan perjalanan yang dijadwalkan ke Irlandia Utara di bawah saran medis dari dokternya dan menghabiskan malam di rumah sakit.

Ratu Elizabeth juga memutuskan untuk tidak hadir pada upacara Hari Peringatan pada November karena punggungnya terkilir dan tidak merayakan Natal tradisional bersama keluarga kerajaan di Sandringham, sebagian karena meningkatnya kasus covid-19 di sekitar liburan. Dia dinyatakan positif covid-19 pada Februari. Dia sedang dipantau untuk gejala seperti pilek ringan sambil terus melakukan tugas ringan, menurut Istana Buckingham.

Setelah Ratu menunjuk Liz Truss sebagai perdana menteri baru Inggris di Kastil Balmoral di Skotlandia pada Selasa, 6 September, Istana Buckingham mengumumkan pada hari berikutnya bahwa Ratu tidak akan memimpin pertemuan Dewan Penasihat yang dijadwalkan sehingga dia bisa beristirahat. Menjelang berita sedih kematiannya, Istana Buckingham mengatakan sebagian dalam pernyataan bahwa dokter Ratu prihatin dengan kesehatan Yang Mulia dan telah merekomendasikan dia tetap di bawah pengawasan medis. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Buntut Referendum Palsu Rusia, Kanada Siapkan Sanksi Baru

👤Ant 🕔Rabu 28 September 2022, 22:38 WIB
“Wilayah Ukraina akan tetap menjadi milik Ukraina,” kata...
AFP

PBB Kecam Referendum Ilegal oleh Rusia

👤Ant 🕔Rabu 28 September 2022, 22:09 WIB
DiCarlo mengatakan PBB tetap berkomitmen penuh pada kedaulatan, persatuan, kemerdekaan, dan integritas wilayah...
AFP/YAMIL LAGE

Setelah Membuat Kuba Gelap Gulita, Badai Ian Menuju Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 September 2022, 19:44 WIB
Serikat pekerja akan bekerja sepanjang malam hingga Rabu (28/9) untuk memulihkan listrik sesegera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya