Minggu 24 Juli 2022, 17:09 WIB

Iran Gagalkan Serangan di Situs Sensitif, Tuding Mata-Mata Pro-Israel

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Gagalkan Serangan di Situs Sensitif, Tuding Mata-Mata Pro-Israel

AFP/kantor Angkatan Darat Iran.
Kendaraan udara tak berawak militer (drone) diluncurkan dari kapal angkatan laut Iran IRIS Delvar di lautan Hindia, 15 Juli 2022.

 

KEMENTERIAN intelijen Iran pada Sabtu (23/7) mengumumkan penangkapan agen-agen yang terkait dengan Mossad Israel yang memasuki Republik Islam itu untuk melakukan serangan terhadap situs-situs sensitif. Kantor berita negara IRNA melaporkan itu.

Para tersangka memasuki Iran dari Irak utara tetapi ditangkap sebelum mereka dapat menjalankan misi mereka, kata IRNA, mengutip pernyataan dari kementerian. "Anggota organisasi teroris bekerja untuk agen mata-mata Zionis Mossad yang dikirim ke (Iran) untuk melakukan operasi teroris terhadap situs-situs sensitif," lapor IRNA.

Pernyataan itu tidak mengatakan jumlah tersangka yang ditangkap atau kewarganegaraan mereka. Tidak diidentifikasi pula target daerah yang diklaim. "Anggota jaringan tersebut melakukan kontak dengan Mossad melalui salah satu negara tetangga Iran dan bermaksud melakukan kegiatan teroris yang belum pernah terjadi di beberapa lokasi sensitif dan target yang telah ditentukan," katanya.

Para tersangka memasuki Iran dari wilayah Kurdistan Irak pada tanggal yang tidak disebutkan. Peralatan komunikasi modern dan alat peledak disita selama penangkapan mereka.

Baca juga: Rusia, Turki, dan Iran Lanjutkan Kerja Sama Berantas Teroris di Suriah

Iran dan Israel telah terlibat dalam perang bayangan selama bertahun-tahun. Republik Islam itu menuduh musuh bebuyutannya melakukan serangan sabotase terhadap situs nuklirnya dan pembunuhan tokoh-tokoh kunci, termasuk ilmuwan.

Namun ketegangan meningkat menyusul serangkaian insiden tingkat tinggi yang dituduhkan oleh Teheran kepada Israel.
Republik Islam itu menuding Israel atas pembunuhan Kolonel Pengawal Revolusi Sayyad Khodai di rumahnya di Teheran pada 22 Mei.

Dua anggota Garda senior lain juga tewas, yaitu satu dalam kecelakaan yang dilaporkan dan yang lain dalam penembakan pada awal tahun ini. Pada April, Iran menangkap tiga orang yang terkait dengan Mossad dan sebulan sebelumnya mengeklaim menggagalkan serangan terhadap pembangkit nuklir yang juga direncanakan oleh tersangka yang terkait dengan Israel. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP.

Iran Minta Saudi Bebaskan Warganya yang Ditangkap saat Haji

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 20:00 WIB
Iran pada Jumat (5/8) meminta Arab Saudi membebaskan salah satu warga negaranya yang ditangkap selama...
AFP/Manuel Balce Ceneta.

Ketua Uni Afrika Kutuk Serangan Israel di Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 19:25 WIB
Ketua Komisi Uni Afrika pada Minggu (7/8) mengutuk serangan-serangan udara Israel di Jalur Gaza ketika kekerasan meningkat di wilayah yang...
Antara/Mahmud Hams.

Reaksi Beragam terhadap Pertikaian Mematikan Israel-Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 18:05 WIB
Gejolak mematikan terbaru antara militer Israel dan militan Palestina di Gaza menarik reaksi beragam dari masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya