Rabu 06 Juli 2022, 09:26 WIB

AS Tak Tuntut Israel atas Pembunuhan Jurnalis Abu Akleh, Alasannya Sepele

Cahya Mulyana | Internasional
AS Tak Tuntut Israel atas Pembunuhan Jurnalis Abu Akleh, Alasannya Sepele

AFP
Wartawan Aljazeera Shireen Abu Akleh dinyatakan tewas terbunuh oleh tentara Israel.

 

PEMERINTAH Amerika Serikat (AS) menyatakan tentara Israel terbukti membunuh jurnalis Aljazeera Shireen Abu Akleh. Tetapi sekutu kuat Israel itu tidak menuntut pelakunya dipidana dengan dalih pelurunya rusak parah.

"AS meminta pertanggungjawaban tetapi tidak merekomendasikan Israel untuk melanjutkannya ke ranah pidana," kata Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

Alasannya, kata dia, peluru yang diuji forensik oleh Koordinator Keamanan AS (USSC) sudah rusak. Akibatnya hasil kerja tim yang diklaim terbebas dari intervensi Israel tersebut tidak dapat menuntut kasus ini ke pidana.

Menurut dia peluru yang bersarang di tubuh Abu Akleh ditembak dari posisi Israel ketika dia meliput operasi di Tepi Barat yang diduduki pada 11 Mei. Tetapi tidak ada bukti pembunuhan itu disengaja.

Price juga membantah pernyataan Israel soal adanya ahli dari Israel yang turut serta dalam uji forensik dan investigasi. "Para ahli lokal, apakah mereka orang Israel atau Palestina, tidak melakukan pemeriksaan peluru oleh USSC," kata Price.

Ia juga menambahkan bahwa USSC memegang otoritas penuh atas peluru tersebut. "USSC memiliki hak asuh penuh peluru sejak diberikan oleh PA (Otoritas Palestina) ke USSC hingga saat dikembalikan oleh USSC ke PA," katanya.

Terakhir, Price meminta Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menjadikan kasus ini sebagai peringatan untuk tidak terjadi di masa depan. "Sebagai kekuatan militer profesional, IDF harus memastikan bahwa hal seperti ini tidak dapat terjadi lagi," kata Price.

Sementara Pejabat senior Palestina menuduh AS menutupi kebenaran bahwa peristiwa ini disengaja oleh pihak Israel. Kemudian uji forensik yang dilakukan AS dapat menentukan pelakunya untuk dituntut ke pengadilan. (France24/OL-13)

Baca Juga: Keluarga Shireen Abu Akleh Siap Tuntut Israel di Pengadilan ...

Baca Juga

Sam Yeh / AFP

Respon Latihan Militer Tiongkok, Taiwan Pamer F-16V Baru

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:44 WIB
Juru Bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Sun Li-fang mengatakan bahwa sementara Taipei mengutuk tindakan Tiongkok dalam beberapa hari...
AFP

Demi Hancurkan Rusia, AS Kembali Bantu Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:38 WIB
Amerika Serikat (AS) sedang menyiapkan sekitar US$800 juta bantuan militer tambahan ke...
AFP KCNA VIA KNS

Korut Tolak Uluran Tangan Korsel

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:29 WIB
Korea Utara (Korut) menyatakan tidak akan pernah menerima tawaran bantuan ekonomi dari Korea Selatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya