Minggu 27 Maret 2022, 07:38 WIB

Survei: Setengah dari Warga Ukraina Siap Perang Melawan Rusia

Nur Aivanni | Internasional
Survei: Setengah dari Warga Ukraina Siap Perang Melawan Rusia

AFP
Petugas di Ukraina membawa pecahan roket yang diluncurkan militer Rusia.

 

HAMPIR setengah populasi Ukraina yang berusia 18-55 tahun siap berjuang untuk membela negara mereka yang diserang Rusia. 

Sekitar 70% pria dan 30% perempuan menyatakan siap mengangkat senjata. Hal itu terungkap dari survei yang dilakukan oleh Peace Research Institute of Oslo (Prio), dengan bantuan lembaga survei lokal Info Sapiens.

Adapun survei tersebut melibatkan 1.000 responden warga Ukraina, yang dianggap cukup umur untuk membela negara. Setengah dari mereka pria dan setengahnya perempuan.

Baca juga: Presidensi G20, RI Enggan Ditarik dalam Konflik Rusia-Ukraina

Survei dilakukan pada 9-12 Maret, yakni selama minggu ketiga konflik. Para responden menjawab pertanyaan secara daring tentang sikap mereka terhadap empat jenis perlawanan.

Ketika dihadapkan dengan pernyataan, "Jika perang berlanjut, saya akan membantu perlawanan tersebut dengan bergabung dalam pertempuran militer langsung dalam pertempuran terbuka melawan pasukan Rusia atau pro-Rusia", 49% menanggapinya dengan positif.

Sekitar 47% menyebut bersedia membantu perlawanan dengan bergabung dalam pertempuran militer langsung di posisi pertahanan yang dibentengi pasukan Ukraina.

Sementara itu, 80% mengatakan siap membantu perlawanan tersebut dengan memberikan dukungan nonmiliter kepada pasukan Ukraina. Misalnya, mengirimkan makanan, menyebarkan informasi atau amunisi.

Baca juga: Rusia Disebut Gunakan Metode Perang yang Lama

Lalu, 75% bersedia menjadi sukarelawan untuk membantu korban perang Ukraina, misalnya merawat warga sipil dan tentara yang terluka.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa kesediaan Ukraina untuk mengambil bagian dalam perlawanan tersebut meningkat jika mereka atau orang yang mereka cintai terkena dampak langsung dari serangan Rusia.

Pada saat survei, satu dari lima orang mengaku telah diserang langsung oleh pasukan Rusia atau pro-Rusia. Alhasil, mereka paling bersedia untuk mengambil bagian dalam perlawanan tersebut.(AFP/OL-11)

Baca Juga

AFP

Sydney Dikepung Banjir, Ribuan Warga Dievakuasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:55 WIB
Sejumlah pusat evakuasi telah dibuka di beberapa titik di wilayah Sydney. Warga pun diminta lebih waspada dan membatalkan rencana...
AFP

Warga Ohio Turun ke Jalan Protes Penembakan Lelaki Kulit Hitam oleh Polisi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Jayland ditemukan tewas di area parkir mobil. Berdasarkan investigasinya tidak ada bukti Walker sempat melepaskan tembakan ke arah...
Bagus SARAGIH / AFP

Rusia Kuasai Lysychansk

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:38 WIB
Pengambilalihan Lysychansk oleh Rusia berarti Moskow telah memenangkan kendali atas seluruh wilayah Luhansk serta lebih dari setengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya