Senin 21 Maret 2022, 14:29 WIB

Zelensky: Saatnya Israel tidak Bersikap Netral dan Dukung Ukraina

Mediaindonesia.com | Internasional
Zelensky: Saatnya Israel tidak Bersikap Netral dan Dukung Ukraina

AFP/Layanan Pers Presiden Ukraina.
Volodymyr Zelensky.

 

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu (20/3) mendesak Israel untuk meninggalkan upayanya untuk mempertahankan netralitas setelah invasi Rusia. Menurutnya, telah tiba bagi negara Yahudi untuk secara tegas mendukung negaranya.

Zelensky, yang seorang Yahudi, membuat seruan itu dalam pidatonya di hadapan anggota parlemen Israel. Ini yang terbaru dalam serangkaian pidato melalui konferensi video kepada badan legislatif asing.

Dalam sambutannya bahwa di beberapa poin membandingkan agresi Rusia dengan Holocaust, Zelensky mengatakan bahwa Ukraina membuat pilihan untuk menyelamatkan orang Yahudi 80 tahun yang lalu. "Sekarang saatnya bagi Israel untuk membuat pilihannya."

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menempuh jalur diplomatik yang hati-hati sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari. Menekankan ikatan kuat Israel dengan Moskow dan Kyiv, Bennett telah berusaha untuk mempertahankan kerja sama keamanan yang rumit dengan Rusia, yang memiliki pasukan di Suriah, melintasi perbatasan utara Israel.

Baca juga: Cucu Mandela Salahkan Israel atas Invasi Rusia ke Ukraina

Bennett telah mengadakan panggilan telepon reguler dengan Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin, termasuk pertemuan tiga jam dengan Putin di Kremlin pada 5 Maret. Sementara para pejabat Ukraina telah menyuarakan apresiasi atas mediasi Bennett, Zelensky pada Minggu menyiratkan bahwa upayanya terbukti salah langkah.

"Kita dapat menengahi antarnegara tetapi tidak antara yang baik dan yang jahat," kata pemimpin Ukraina itu. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/JAVIER TORRES

Jerman Tolak Permintaan Ukraina untuk Kirim Jet Tempur

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 08:21 WIB
“Seorang kanselir Jerman harus melakukan segalanya untuk memastikan bahwa perang Rusia melawan Ukraina tidak berubah menjadi...
Presiden Jokowi berjalan menuju panggung untuk melakukan Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/1)

Kepemimpinan Indonesia di ASEAN Diyakini Mampu Ciptakan Solusi Positif bagi Dunia

👤Adiyanto 🕔Minggu 29 Januari 2023, 20:38 WIB
ASEAN memiliki misi memastikan kawasannya tetap menjadi titik terang dalam perekonomian...
Antara

RI Siap Ajak Myanmar dalam Forum ASEAN

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:56 WIB
Indonesia akan menggunakan posisi Keketuaan ASEAN untuk membantu Myanmar menyelesaikan ketidakpastian politik dan keluar dari krisis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya