Rabu 23 Februari 2022, 07:55 WIB

Rusia Diminta Patuhi Piagam PBB

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Rusia Diminta Patuhi Piagam PBB

AFP
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres

 

SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak Rusia untuk sepenuhnya mematuhi piagam PBB, mengutuk pengakuan Moskow atas kemerdekaan dua wilayah Ukraina yang memisahkan diri.

"Prinsip-prinsip Piagam PBB bukanlah menu a la carte. Negara-negara anggota telah menerima semuanya dan mereka harus menerapkan semuanya," kata Guterres kepada wartawan pada Selasa (22/2).

Guterres menyebut pengakuan Rusia atas yang disebut kemerdekaan dari dua wilayah timur Ukraina sebagai pelanggaran terhadap integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina.

"Ini adalah pukulan telak terhadap Perjanjian Minsk yang disahkan oleh Dewan Keamanan," tambah Sekjen PBB itu, merujuk pada kesepakatan 2014 yang mencari resolusi damai untuk konflik di Ukraina timur.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengumumkan bahwa militer akan melakukan misi penjaga perdamaian di wilayah-wilayah di wilayah Donbas Ukraina yang sudah berada di bawah kendali separatis yang didukung Rusia.

Guterres mengecam langkah itu sebagai penyimpangan konsep pemeliharaan perdamaian.

“Ketika pasukan satu negara memasuki wilayah negara lain tanpa persetujuannya, mereka bukanlah penjaga perdamaian yang tidak memihak. Mereka sama sekali bukan penjaga perdamaian,” katanya, menyerukan gencatan senjata segera serta kembali ke jalur dialog dan negosiasi. (France24/OL-13)

Baca Juga: Biden Jatuhkan Sanksi untuk Rusia

Baca Juga

AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...
AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya