Selasa 22 Februari 2022, 09:54 WIB

OSCE: Ada Lebih dari 3.000 Pelanggaran Gencatan Senjata di Ukraina Timur

Nur Aivanni | Internasional
OSCE: Ada Lebih dari 3.000 Pelanggaran Gencatan Senjata di Ukraina Timur

Anatolii STEPANOV / AFP
Anggota militer Ukraina berpatroli untuk menghadapi kelompok separatis pro-Rusia di Desa Novognativka, Donetsk, Ukraina, Senin (21/2).

 

MONITOR dari badan keamanan Eropa OSCE pada Senin (21/2) melaporkan ada lebih dari 3.000 pelanggaran gencatan senjata yang baru di Ukraina timur. Angka tersebut merupakan angka tertinggi untuk tahun ini.

Laporan tersebut mencerminkan lonjakan tajam dalam kekerasan yang mendahului keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memerintahkan pasukan Rusia ke dua wilayah pemberontak yang didukung Moskow yang dia akui sebagai wilayah merdeka pada hari sebelumnya.

"Sangat penting bahwa keputusan hari ini tidak akan mengarah pada aksi militer baru dan pertumpahan darah," kata ketua OSCE di Ukraina Mikko Kinnunen dalam sebuah pernyataan.

Dalam laporan harian berdasarkan informasi yang diterima pada Minggu (20/2) malam, badan keamanan pan-Eropa itu melaporkan 2.158 pelanggaran baru di wilayah Donetsk dan 1.073 lainnya di Lugansk.

Baca juga: Krisis Ukraina, PBB Akan Adakan Pertemuan Darurat Dewan Keamanan

Para pemantau melaporkan bentrokan hebat menyebar di garis depan yang memisahkan pasukan pemberontak dari pasukan pemerintah di wilayah Donetsk dan Lugansk timur.

Konflik delapan tahun di kawasan industri yang sebagian besar berbahasa Rusia telah merenggut lebih dari 14.000 nyawa, pecah setelah dua wilayah memberontak atas revolusi pro-Uni Eropa pada 2014 di Kiev. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...
AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya