Jumat 11 Februari 2022, 22:16 WIB

Mata-Mata Turki Gagalkan Pembunuhan Kelompok Iran terhadap Pengusaha Israel

Mediaindonesia.com | Internasional
Mata-Mata Turki Gagalkan Pembunuhan Kelompok Iran terhadap Pengusaha Israel

AFP/Adem Altan.
Orang-orang berbelanja di pasar terbuka di Ankara pada 4 Februari 2022.

 

INTELIJEN Turki menggagalkan rencana yang diatur oleh Iran untuk membunuh seorang pengusaha Israel-Turki yang berbasis di Istanbul. Satu harian propemerintah Turki melaporkan itu, Jumat (11/2).

Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT), harian Sabah melaporkan, menemukan jaringan sembilan operasi yang dijuluki tim pembunuhan Iran yang merencanakan untuk membunuh Yair Geller. Geller memiliki bisnis di industri pertahanan penerbangan serta teknologi dan perangkat lunak.

Pembunuhan itu seharusnya sebagai pembalasan atas pembunuhan ilmuwan nuklir top Iran Mohsen Fakhrizadeh pada 2020 yang Iran tuduhkan pada Israel, klaim Sabah. Turki pada saat itu mengutuk pembunuhan Fakhrizadeh sebagai tindakan terorisme.

Kisah Sabah muncul ketika Turki mencari pemulihan hubungan dengan Israel setelah Ankara memerintahkan duta besar Israel atas pembunuhan para pemrotes di sepanjang perbatasan Jalur Gaza pada 2018. Polisi Istanbul melancarkan operasi untuk menahan sembilan orang itu beberapa hari yang lalu, kata surat kabar itu, tetapi pemimpin jaringan itu tampaknya berada di Iran.

Delapan telah ditangkap atas tuduhan termasuk, "Mendirikan organisasi untuk melakukan kejahatan dan menjadi anggota kelompok yang dibentuk untuk melakukan kejahatan," tambahnya.

Orang-orang itu diawasi oleh agen MIT saat mereka mengikuti Geller di rumah dan tempat kerja, mengumpulkan informasi untuk mempersiapkan pembunuhan, kata Sabah. MIT juga bertemu dengan agen mata-mata Israel Mossad di Ankara untuk memberi tahu mereka tentang langkah selanjutnya untuk membunuh Geller. 

Dia dibawa ke rumah aman tak lama setelah itu, tambahnya. Surat kabar itu bahkan mengeklaim plot itu merupakan upaya menggagalkan hubungan Turki-Israel setelah langkah-langkah positif diambil untuk meningkatkan hubungan.

Baca juga: Warga Iran Gunakan Kendaraan dalam Peringatan Revolusi Islam Ke-43

Ada harapan besar di Ankara bahwa Presiden Israel Isaac Herzog akan melakukan kunjungan resmi ke Turki pada bulan ini tetapi sekarang diharapkan oleh Turki pada Maret. Turki dan Iran secara historis memiliki hubungan ekonomi yang erat tetapi telah menemukan diri mereka berada di sisi yang berlawanan dari konflik regional, termasuk di Suriah. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Putin Perluas Kerja Sama dengan Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 15 Agustus 2022, 23:34 WIB
Kerja sama ini berlandaskan prinsip yang komprehensif dan konstruktif seperti yang diterapkan dengan...
Dok. Bea Cukai

Bea Cukai dan Malaysian Customs Resmi Tutup Joint Task Force Operation 2022 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:37 WIB
Selama periode pelaksanaan JTF Operation 2022, Bea Cukai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 77,72 kg methamphetamine dan sekitar...
AFP/Atta Kenare.

Iran akan Sampaikan Proposal Pembicaraan Nuklir Final Senin Malam

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:41 WIB
Menteri Luar Negeri Iran mengatakan Teheran akan menyampaikan proposal final pada Senin (15/8) malam dalam pembicaraan untuk menghidupkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya