Rabu 09 Februari 2022, 07:54 WIB

Jerman Dukung Ancaman AS ke Rusia Soal Pipa Gas Nord Stream 2

Nur Aivanni | Internasional
Jerman Dukung Ancaman AS ke Rusia Soal Pipa Gas Nord Stream 2

John MACDOUGALL / AFP
Pipa gas Nord Stream 2.

 

Kanselir Jerman Olaf Scholz meyakinkan sekelompok senator AS bahwa pipa gas Nord Stream 2 yang kontroversial tidak akan dilanjutkan jika Rusia menginvasi Ukraina.

Pemimpin Minoritas Senat AS Mitch McConnell mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan sekelompok rekan telah diberikan jaminan saat makan malam dengan Scholz, yang melakukan kunjungan pertamanya ke Washington sejak menggantikan Angela Merkel.

"Kabar baiknya adalah dia mengonfirmasi apa yang dikatakan Presiden (Joe) Biden kemarin: bahwa jika invasi terjadi, Nord Stream 2 tidak akan maju," katanya.

Pada Senin, Scholz tidak terlalu jelas tentang seberapa jauh dia bersedia untuk menghukum Rusia jika serangan diluncurkan oleh lebih dari 100.000 tentara yang diperintahkan Presiden Vladimir Putin untuk berkumpul di perbatasan Ukraina.

Dalam konferensi pers bersama dengan Biden, kanselir mengatakan bahwa keduanya benar-benar bersatu terkait sanksi terhadap Rusia. "Kami akan melakukan langkah yang sama," tambahnya.

Tetapi saat ditanya langsung untuk mengomentari Nord Stream 2, dia berulang kali menghindari menyebutkan nama pipa atau mengonfirmasi secara langsung bahwa dia akan mendukung penghapusan infrastruktur.

Di sisi lain, Biden berjanji akan menutupnya jika Moskow melancarkan invasi ke Ukraina. (AFP/OL-12)

 

Baca Juga

AFP/Arun SANKAR

Keadaan Darurat Di Sri Lanka Segera Dicabut

👤Widhoroso 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 23:15 WIB
PEMERINTAH Sri Lanka tidak akan memperpanjang keadaan darurat yang sebelumnya diberlakukan untuk mengendalikan protes...
AFP/BULENT KILIC

Zelenskyy Peringatkan Malapetaka Zaporizhzhia Ancam Seluruh Eropa

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:40 WIB
Zelenskyy meminta masyarakat internasional untuk mengadopsi sanksi keras baru terhadap Rusia dan tidak menyerah pada pemerasan...
AFP/MANDEL NGAN

Ibu Negara AS Positif Covid-19

👤Widhoroso 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:36 WIB
JILL Biden, isteri Presiden AS Joe Biden positif terpapar Covid-19 dengan gejala ringan. Ibu Negara AS tersebut positif Covid-19 dua pekan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya