Sabtu 16 Oktober 2021, 07:45 WIB

Miliarder Jepang Mengaku tidak Takut Jelang Keberangkatan ke ISS

Ajeng Ayu Winarsih | Internasional
Miliarder Jepang Mengaku tidak Takut Jelang Keberangkatan ke ISS

AFP/SHAMIL ZHUMATOV
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa.

 

MILIARDER Jepang Yusaku Maezawa, Kamis (14/10), mengatakan dia tidak takut menjelang penerbangan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dalam sebuah proyek Rusia yang bertujuan meningkatkan peluang pariwisata luar angkasa.

Misi tersebut adalah salah satu dari beberapa misi yang dilakukan astronaut non-profesional tahun ini, termasuk oleh aktor Star Trek berusia 90 tahun, William Shatner, yang pada Rabu (13/10), menyelesaikan penerbangan luar angkasa dengan roket Blue Origin.

Maezawa, yang saat ini berusia 45 tahun, adalah pendiri mal mode daring terbesar di Jepang dan orang terkaya ke-30 di negara itu, menurut Forbes.

Baca juga: Tiongkok Kirimkan Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong

"Saya punya daftar seratus hal yang ingin saya lakukan di ISS seperti bermain bulu tangkis," kata Maezawa pada konferensi pers, Kamis (14/10).

"Semakin dekat saya semakin bersemangat, Saya tidak takut atau khawatir" katanya.

Maezawa dan asistennya akan berangkat dari kosmodrom Baikonur yang disewa Rusia di Kazakhstan pada Desember, ditemani kosmonot Rusia Alexander Misurkin.

Mereka dijadwalkan menghabiskan 12 hari di ISS. Maezawa mengatakan dia berencana mendokumentasikan perjalanannya untuk saluran YouTube-nya yang memiliki lebih dari 700.000 pengikut.

"Saya ingin memberi tahu Anda bahwa mimpi menjadi kenyataan," katanya di Moskow "Pergi untuk tujuan, Semuanya tergantung pada Anda"

Dia akan menjadi turis luar angkasa pertama yang melakukan perjalanan ke ISS bersama badan antariksa Rusia Roscosmos sejak 2009 ketika Guy Laliberte dari Kanada, salah satu pendiri Cirque du Soleil, melakukan perjalanan ke stasiun tersebut.

Awal bulan ini, Roscosmos mengirim seorang aktris dan sutradara ke ISS untuk syuting adegan untuk film pertama di orbit, Mereka akan kembali ke Bumi pada Minggu (17/10).

Maezawa akan melakukan perjalanan dengan roket Soyuz yang dirancang Soviet, yang selama beberapa dekade telah mengangkut astronot dari seluruh dunia ke ISS.

Tahun lalu, Rusia kehilangan monopoli untuk penerbangan ISS ke SpaceX milik Elon Musks yang berhasil mengirim astronot NASA ke stasiun menggunakan kapsul Crew Dragon.

SpaceX membuat sejarah tahun ini dengan mengirimkan kru sipil pertama di sekitar orbit Bumi dalam misi yang disebut Inspiration4.

Perusahaan AS juga berencana pada 2023 untuk melakukan misi semua warga sipil dalam penerbangan mengelilingi bulan, yang didanai oleh Maezawa yang berencana untuk menjadi salah satu dari delapan orang di dalamnya.

Persaingan di sektor pariwisata antariksa semakin memanas seiring semakin banyaknya pemain yang bermunculan.

Blue Origin, perusahaan pendiri Amazon Jeff Bezos, menyelesaikan dua misi di luar atmosfer bumi tahun ini.

Virgin Galatic dari miliarder Richards Branson menawarkan pengalaman serupa beberapa menit tanpa bobot sebelum kembali ke Bumi.

Baik Bezos dan Branson berada di atas kapal untuk pelayaran perdana perusahaan mereka masing-masing. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Abbas Momani.

Ketika Pengendara Mobil Israel Tersesat di Wilayah Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:34 WIB
Polisi mengidentifikasi salah satu orang Israel sebagai penduduk permukiman Shiloh di Tepi Barat. Satu lagi tinggal di kota Elad yang...
AFP/Rodger Bosch.

Orang yang Pernah Terinfeksi Covid-19 tidak Kebal Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:58 WIB
Tren ini juga terlihat pada model yang memproyeksikan kasus-kasus tersebut terhadap populasi secara...
AFP/Punit Paranjpe.

India Umumkan Dua Kasus Pertama Varian Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:47 WIB
Kota terbesar di negara itu Mumbai pada Rabu memberlakukan karantina tujuh hari wajib untuk semua penumpang yang datang dari negara-negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya