Senin 20 September 2021, 20:29 WIB

India kembali Ekspor Vaksin Covid-19 Mulai Oktober

Mediaindonesia.com | Internasional
India kembali Ekspor Vaksin Covid-19 Mulai Oktober

AFP/Diptendu Dutta.
Seorang petugas kesehatan selesai menyuntik seorang pria kurang mampu dengan vaksin covid-19 Covishield, India, Minggu (19/9).

 

INDIA akan melanjutkan ekspor vaksin covid-19 mulai Oktober. Ini dilakukan Negeri Bollywood itu setelah lima bulan menghentikan pengiriman pasokan ke luar negeri karena memerangi gelombang infeksi yang mematikan.

Negeri raksasa Asia Selatan yang dijuluki apotek dunia itu merupakan pemasok utama program Covax yang bertujuan meningkatkan imunisasi di negara-negara miskin. Ekspornya berhenti pada April, menurut data Kementerian Luar Negeri India, ketika lonjakan virus di dalam negeri mendorong sistem perawatan kesehatan ke titik puncaknya dan ada permintaan besar untuk vaksin.

Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya mengatakan lebih dari 300 juta dosis vaksin akan diproduksi pada Oktober dan satu miliar dalam tiga bulan terakhir tahun ini. "India akan melanjutkan ekspor vaksin untuk memenuhi komitmen India terhadap Covax," kata Mandaviya dalam suatu pernyataan, Senin (20/9).

"Surplus pasokan vaksin akan digunakan untuk memenuhi komitmen kami terhadap dunia untuk perjuangan kolektif melawan covid-19." Diluncurkan pada Januari, kampanye vaksinasi India lambat untuk lepas landas karena kekurangan dan keraguan di antara penduduk.

Baca juga: Pfizer Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Bayi Umur 6 Bulan-5 Tahun

Namun kecepatannya meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Pihak berwenang saat ini memberikan antara lima hingga delapan juta suntikan antivirus korona setiap hari. Negara ini mencapai rekor 22 juta suntikan antivirus korona dalam sehari pada Jumat sebagai bagian dari upaya vaksinasi khusus untuk ulang tahun Perdana Menteri Narendra Modi. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara

AS Umumkan Beri Bantuan ke Malaysia Senilai Rp11,3 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:53 WIB
Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan akan memberikan bantuan tambahan covid-19 kepada Malaysia senilai US$800.000 (sekitar Rp11,3...
independent.co.uk

Tewas Dibunuh Jasad Pasangan Blogger Wisata Gabby Petito Ditemukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:10 WIB
FBI mengatakan jasad tersebut dikenali melalui gigi pria...
AFP/Christopher Furlong

Ratu Elizabeth Kembali ke Istana Usai dari Rumah Sakit

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 11:35 WIB
Selama bertahun-tahun sebelumnya, baru kali ini Ratu Elizabeth bermalam di rumah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya