Selasa 07 September 2021, 08:04 WIB

Ratusan Fasilitas Medis di Afghanistan Terancam Ditutup

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Ratusan Fasilitas Medis di Afghanistan Terancam Ditutup

AFP/Adek Berry
Ilustrasi fasilitas kesehatan di Afghanistan

 

RATUSAN fasilitas medis di Afghanistan terancam ditutup karena donor dari negara Barat yang membiayai mereka dilarang berurusan dengan pemerintah baru Taliban.

Direktur darurat regional WHO Rick Brennan mengungkapkan sekitar 90% dari 2.300 fasilitas kesehatan di seluruh negeri mungkin harus ditutup secepatnya minggu ini.

Dia mengatakan banyak donor Barat memiliki peraturan yang mencegah mereka berurusan dengan Taliban, tanpa merinci lebih lanjut.

"Kami akan menghentikan operasi di sebagian besar (fasilitas kesehatan). Dengan beberapa perkiraan hingga 90% akan berhenti berfungsi mungkin di akhir minggu ini dan itu akan terkait dengan peningkatan penyakit dan kematian," kata Brennan, Senin (6/9).

“WHO berusaha mengisi kesenjangan dengan menyediakan pasokan, peralatan, dan pembiayaan ke 500 pusat kesehatan,” imbuhnya.

Baca juga: LSM Sebut Penerbangan dari Afghanistan Diblokade

Badan itu juga bekerja sama dengan Qatar untuk pengiriman medis yang akan datang dengan pesawat.

"Kami berharap sampai dua atau tiga muatan pesawat diterbangkan dari pemerintah Qatar kemungkinan ke Kabul dalam minggu depan atau setelahnya," katanya.

Pengiriman berikutnya akan mencakup tes dan pasokan covid-19 untuk mengobati penyakit kronis. Bersama dengan lembaga bantuan lainnya, WHO telah berjuang untuk membawa pasokan medis termasuk peralatan trauma sebagian karena kekacauan di bandara Kabul.

Brennan menuturkan pasokan medis terus diterbangkan melalui kota utara Mazar-i-Sharif dan WHO juga menjajaki opsi darat melalui truk dari Pakistan.(Straitstimes/OL-5)

Baca Juga

AFP/Yuri Kadobnov

Rusia Laporkan Kasus Varian Baru Covid-19 Lebih Menular dari Delta

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:42 WIB
Ada kemungkinan bahwa varian AY42 akan menyebar...
AFP

Inggris-Selandia Baru Capai Perjanjian Perdagangan Bebas

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 19:02 WIB
Kesepakatan dagang yang tercapai setelah proses negosiasi 16 bulan, bertujuan mengurangi beban tarif dan meningkatkan perdagangan jasa...
AFP/Emmanuel Dunand.

Israel Anggarkan Rp21,3 Triliun untuk Persiapan Serang Nuklir Iran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 14:55 WIB
Anggaran NIS 5 miliar terdiri dari NIS 3 miliar dari anggaran sebelumnya dan tambahan NIS 2 miliar dari anggaran berikutnya yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya