Jumat 20 Agustus 2021, 17:46 WIB

Israel Sepakati Mekanisme Baru Transfer Bantuan Qatar ke Gaza

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel Sepakati Mekanisme Baru Transfer Bantuan Qatar ke Gaza

AFP/Said Khatib.
Truk tangki yang mengibarkan bendera Qatar mengangkut bahan bakar untuk pembangkit listrik satu-satunya Gaza tiba di persimpangan Rafah.

 

ISRAEL pada Kamis (19/8) mengumumkan mekanisme baru untuk dana kemanusiaan Qatar sampai ke Gaza. Caranya, uang itu ditransfer langsung ke individu oleh PBB. Ini mengakhiri kebuntuan atas bantuan yang sangat dibutuhkan rakyat Palestina di Gaza.

Dukungan Qatar dipandang sebagai jalur kehidupan penting bagi warga miskin Palestina yang tinggal di daerah kantong itu dalam diblokade Israel. Sebelum konflik Mei antara Israel dan penguasa Gaza, Hamas, aliran dana dari Qatar dianggap penting untuk menjaga ketenangan relatif antara negara Yahudi dan kelompok islamis tersebut.

Dalam pernyataan Kamis, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan Israel tidak akan lagi menerima status quo sebelum pertempuran Mei selama 11 hari itu. Dia mengatakan sistem distribusi bantuan untuk Gaza telah diganti.

"Di bawah mekanisme baru, bantuan keuangan akan ditransfer ke ratusan ribu orang Gaza oleh PBB langsung ke rekening bank mereka. Israel akan mengawasi penerima," kata Gantz. Dia mengatakan Israel juga sedang bernegosiasi dengan Otoritas Palestina, pengendali Tepi Barat yang diduduki, tentang pembentukan mekanisme alternatif untuk transfer dana (ke Gaza) di bawah pengawasan mereka.

Utusan Qatar untuk Gaza, Mohammed al-Emadi, mengatakan dukungan negaranya ke daerah kantong itu akan disalurkan melalui Program Pangan Dunia PBB yang awalnya mencakup sekitar 100.000 keluarga. Sebagian besar dari sekitar dua juta orang Gaza bergantung pada beberapa bentuk bantuan kemanusiaan.

Israel telah mempertahankan blokade ketat di wilayah itu sejak 2007, tahun ketika Hamas mengambil alih kekuasaan. Selama konflik tahun ini, kelompok bersenjata Palestina di Gaza dipimpin oleh Hamas meluncurkan ribuan roket ke Israel yang membalas dengan ratusan serangan udara ke Gaza.

Beberapa hari setelah gencatan senjata mengakhiri pertempuran, Qatar menjanjikan US$500 juta untuk rekonstruksi Gaza, tetapi bantuan itu telah ditahan. Sumber yang mengetahui pengaturan baru itu mengatakan uang itu akan ditransfer ke rekening bank Qatar di PBB New York, kemudian ke Ramallah di Tepi Barat, dan dari sana akan dikirim ke Gaza.

Baca juga: Palestina Ingatkan Lonjakan Pasien akibat Gelombang Keempat Covid-19

Penerima di Gaza yang disetujui Israel akan diberikan kartu kredit PBB untuk menarik dana, kata sumber tersebut. Qatar akan mentransfer tahap awal sebesar US$10 juta ke PBB mulai minggu depan di bawah pengaturan baru itu yang telah disetujui hingga akhir tahun, menurut sumber. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Dok MI

AS dan Tiongkok Terus Dominasi Indo-Pasifik

👤Nur Aivanni  🕔Senin 06 Desember 2021, 17:03 WIB
Asia Power Index mempertimbangkan berbagai ukuran, termasuk kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta...
AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya