Senin 16 Agustus 2021, 08:40 WIB

Trump Desak Biden Mundur Atas Kemenangan Taliban di Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
Trump Desak Biden Mundur Atas Kemenangan Taliban di Afghanistan

AFP
Mantan Presiden AS Donald Trump mendesak penggantinya Joe Biden mundur dari presiden AS karena Taliban mengambil alih Afghanistan.

 

BEKAS Presiden AS Donald Trump, menyerukan penggantinya Joe Biden untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Seruan tersebut dilontarkan terkait dengan militan Taliban yang berhasil mengambil alih Afghanistan, ketika pasukan AS menarik diri dari negara itu setelah hampir 20 tahun di sana.

"Sudah waktunya bagi Joe Biden untuk mengundurkan diri dalam aib atas apa yang dia biarkan terjadi di Afghanistan," kata Trump dalam sebuah pernyataan, Senin WIB (16/8).

Taliban telah merebut kembali Afghanistan dalam gelombang kilat, dalam tempo 10 hari setelah 20 tahun mereka digulingkan oleh invasi yang dipimpin AS.

Mereka menguasai Kabul pada hari Minggu (15/8), lebih dari dua minggu sebelum batas waktu 31 Agustus yang ditetapkan oleh Biden untuk menyelesaikan penarikan pasukan Amerika dari negara itu.

Di bawah Trump, AS menengahi kesepakatan dengan Taliban di Doha pada tahun 2020, yang akan membuat AS menarik semua pasukannya pada Mei 2021, dengan imbalan berbagai jaminan keamanan dari para militan.

Ketika Biden mengambil alih kekuasaan awal tahun ini, dia memundurkan batas waktu penarikan pasukan dan tidak menetapkan syarat untuk itu.

Trump telah berulang kali mengecam Biden atas langkah itu, dengan mengatakan itu akan menjadi penarikan pasukan yang jauh berbeda dan jauh lebih sukses jika dia masih menjadi presiden.

"Apa yang telah dilakukan Joe Biden dengan Afghanistan sangat legendaris. Itu akan menjadi salah satu kekalahan terbesar dalam sejarah Amerika!" kata dia, dalam kesempatan berbeda, Minggu (15/8). (AFP/OL-13)

Baca Juga: Presiden Ashraf Ghani Sebut Taliban Telah Menang

Baca Juga

AFP/IRNA.

Presiden Iran Serukan Pembalasan Pembunuhan Kolonel Garda Revolusi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 15:58 WIB
Dia berbicara tepat sebelum mengunjungi Oman untuk bertemu dengan Sultan Haitham bin...
AFP

Biden Dukung Langkah Jepang untuk Perkuat Pertahanan

👤Nur Aivanni 🕔Senin 23 Mei 2022, 15:41 WIB
Presiden AS menyadari adanya kekhawatiran terhadap dominasi Tiongkok yang semakin luas di kawasan Asia. Khususnya, pada aspek rantai...
AFP/Jack Guez.

Bobol Penjara Israel, Enam Warga Palestina Ditambah Hukuman Lima Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 13:33 WIB
Di antara yang melarikan diri ialah Mahmud Ardah, anggota kelompok Jihad Islam militan. Ia dianggap sebagai dalang dari operasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya