Sabtu 03 Juli 2021, 00:20 WIB

Prosedur Iran tentang Hukuman Mati atas Pembunuhan

Mediaindonesia.com | Internasional
Prosedur Iran tentang Hukuman Mati atas Pembunuhan

AFP/Atta Kenare.
Ilustrasi seorang wanita Iran berjalan melewati mural yang dilukis di dinding bekas kedutaan AS di ibu kota Teheran.

 

PEMBUNUHAN dapat dihukum mati di Iran. Menurut hukum pembalasan Islam, terdapat tuntutan mata ganti mata. Nyawa terpidana dapat diselamatkan jika keluarga korban setuju untuk mengampuni mereka.

Wakil Kepala Urusan Internasional Dewan Tinggi Hak Asasi Manusia yang dikelola negara, Majid Tafreshi, menunjukkan bahwa kitab suci Islam Al-Qur'an mengatakan bahwa menuntut eksekusi terpidana menjadi hak keluarga korban. Namun menunjukkan belas kasihan dan menyetujui pengampunan juga hak keluarga korban.

Biasanya, katanya, "Kami berusaha meyakinkan keluarga korban untuk mengampuni pelaku anak yang dihukum mati." Tafreshi mengatakan dewan secara rutin mencari uang untuk memberi kompensasi kepada keluarga korban dan meyakinkan mereka untuk memberikan penangguhan hukuman, terkadang dalam proses yang memakan waktu bertahun-tahun.

Upaya tersebut menghasilkan grasi yang disepakati oleh keluarga korban pada 96% kasus, menurut Tafreshi. Dia berpendapat bahwa hukum pidana Iran menunjukkan kelonggaran terhadap pelaku anak. Hakim melakukan upaya khusus untuk menentukan pembunuhan itu disengaja dan pelaku cukup dewasa untuk memahami sifat kejahatan.

Tafreshi menolak tuduhan propaganda oleh PBB, pemerintah asing, dan kelompok hak asasi manusia bahwa banyak tahanan Iran disiksa dan ditolak pengadilan yang adil. Ia menambahkan bahwa setiap kasus yang dicurigai seperti itu diselidiki.

Baca juga: Iran Bantah Eksekusi Anak di Bawah Umur yang Membunuh

 

Dia juga menunjuk pada pelanggaran hak asasi manusia negara-negara Barat sendiri, termasuk sanksi barbar Amerika Serikat terhadap Iran dan penjualan senjata Inggris dan Prancis ke monarki Arab di kawasan Teluk. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Dok MI

AS dan Tiongkok Terus Dominasi Indo-Pasifik

👤Nur Aivanni  🕔Senin 06 Desember 2021, 17:03 WIB
Asia Power Index mempertimbangkan berbagai ukuran, termasuk kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta...
AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya