Kamis 24 Juni 2021, 23:01 WIB

Aktivis HAM Dipukuli sampai Tewas dalam Tahanan Otoritas Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
Aktivis HAM Dipukuli sampai Tewas dalam Tahanan Otoritas Palestina

AFP/Mosab Shawer.
Istri (kiri) aktivis Palestina Nizar Banat, yang meninggal saat ditangkap pasukan keamanan Palestina, berduka di rumahnya, Kamis (24/6).

 

SEORANG aktivis hak asasi manusia dan kritikus Otoritas Palestina meninggal pada Kamis (24/6). Kabar duka itu tak lama setelah pasukan keamanan menyerbu rumahnya, menangkap dan memukulinya. Ini memicu protes kemarahan di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Keluarga Nizar Banat mengatakan dia telah dipukuli sampai tewas. Insiden itu memicu kemarahan sesama aktivis untuk melakukan protes di kota Ramallah, Tepi Barat, dan seruan untuk penyelidikan.

Banat, 43, dari kota Hebron, ditangkap Kamis pagi oleh pasukan keamanan Otoritas Palestina (PA), kata gubernur Hebron Jibrin al-Bakri. "Menindaklanjuti panggilan dari penuntut umum untuk menangkap warga negara Nizar Khalil Muhammad Banat, aparat keamanan menangkapnya pada dini hari," kata Bakri dalam pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita resmi WAFA.

Dia tidak menyebutkan alasan penangkapan Banat. Sepupu Banat, Hussein Banat, mengatakan kepada AFP sekitar 25 pria bersenjata telah masuk ke rumah aktivis saat dia sedang tidur dan menggunakan semprotan merica untuk menenangkannya.

"Sebuah kekuatan besar masuk dan secara agresif melepas semua pakaiannya kemudian memukulinya selama delapan menit berturut-turut," katanya.

 

Berbicara kepada situs berita Al-Quds, anggota keluarga Banat lain menuduh pasukan keamanan memukul kepala Banat dengan tongkat kayu dan potongan besi dan dengan sengaja membunuh dia. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Topan In-Fa Terjang Pusat Bisnis Tiongkok dan Shanghai

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:32 WIB
Topan In-fa menerjang pusat bisnis Tiongkok, Shanghai, dan daerah sekitarnya di pesisir pada Minggu...
AFP/Thomas Coex

Macron Tuntut Penjelasan Israel Terkait Spyware Pegasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:29 WIB
Tuntutan itu disampaikan Macron saat  ia melakukan pembicaraan dengan Bennett melalui telepon, Sabtu...
MI/ROMMY PUJIANTO

Enam Warga India Tewas Tersambar Petir

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:25 WIB
Sedikitnya enam warga India tewas dan sejumlah lainnya mengalami luka akibat disambar petir di Negara Bagian Madhya Pradesh, menurut...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya