Kamis 29 April 2021, 22:11 WIB

Malam ini Palestina Putuskan Pemilu Lanjut atau Batal

Mediaindonesia.com | Internasional
Malam ini Palestina Putuskan Pemilu Lanjut atau Batal

AFP/Mohammed Abed.
Seorang lansia Palestina bermasker di kota Gaza selama krisis pandemi virus korona, Kamis (29/4).

 

PARA pemimpin Palestina akan memutuskan, Kamis (29/4), akan mengadakan pemilihan bulan depan sesuai jadwal atau menyerukan penundaan yang dapat memicu frustrasi lebih lanjut dalam masyarakat yang terpecah. Mereka terakhir memberikan suara pada 2006.

Warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel dan Jalur Gaza yang diblokade telah menyuarakan harapan bahwa pemungutan suara dapat membantu memulihkan kredibilitas dan menyembuhkan perpecahan. Fatah, yang mengendalikan Otoritas Palestina (PA) yang berbasis di Tepi Barat, mencapai kesepakatan dengan saingan lama, Hamas, kelompok Islam yang menguasai Gaza, untuk mengadakan pemilihan legislatif pada 22 Mei dan pemilihan presiden pada 31 Juli.

Kantor berita resmi Wafa, Kamis, mengatakan bahwa Presiden PA Mahmud Abbas, juga pemimpin Fatah, akan memimpin pertemuan malam ini di Ramallah yang mencakup semua faksi politik untuk membahas pemilu terkini harus diadakan atau dibatalkan. "Keputusan akhir akan dibuat sebelum Jumat, Wafa melaporkan.

 

Hamas, Rabu, mengatakan pihaknya menolak segala upaya untuk menunda pemilihan. Hamas meraih kemenangan mengejutkan dalam pemilu 2006 tetapi tidak diakui oleh Abbas. Kelompok Islamis mengambil alih kekuasaan di Gaza pada tahun berikutnya dalam seminggu bentrokan berdarah.

Kritikus Abbas menuduh bahwa dia berusaha untuk mengulur waktu karena prospek Fatah telah terancam oleh faksi-faksi sempalan, termasuk satu yang dipimpin oleh keponakan pemimpin ikonik Palestina Yasser Arafat dan satu lagi oleh mantan kepala keamanan Fatah yang kuat dan diasingkan, Mohammed Dahlan.

"Jika Abbas menunda pemilihan, kami akan mulai dengan demonstrasi," kata Daoud Abu Libdeh, seorang kandidat dari faksi Masa Depan pimpinan Dahlan, kepada AFP di Yerusalem. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Saeed KHAN

Tentara Berpatroli di Sydney, Brisbane Perpanjang Lockdown

👤Nur Aivanni 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:38 WIB
Sydney memasuki minggu keenam penguncian ketika kota terbesar di Australia itu berjuang dengan lonjakan infeksi yang menambahkan hampir...
AFP

AS-Inggris Tuduh Iran Lakukan Serangan terhadap Kapal Tanker Israel

👤Nur Aivanni 🕔Senin 02 Agustus 2021, 07:32 WIB
Pernyataan AS dan Inggris itu muncul setelah Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan ada bukti yang menghubungkan Iran dengan...
AFP

Militer Myanmar Janjikan Pemilu dan Siap Kerja Sama dengan ASEAN

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 22:59 WIB
Tanpa utusan yang memimpin, katanya, sangat sulit untuk mengatasi situasi di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya