Kamis 29 April 2021, 05:55 WIB

Astronaut Apollo 11 Michael Collins Tutup Usia

Basuki Eka Purnama | Internasional
Astronaut Apollo 11 Michael Collins Tutup Usia

AFP/ Eric BARADAT
Astronaut Apollo 11 Michael Collins

 

ASTRONAUT Michael Collins, pilot modul komando Apollo 11 yang tidak ikut ketika dua rekannya menjadi orang pertama yang berjalan di Bulan, Rabu (28/4), meninggal dunia setelah lama berjuang melawan kanker.

Dijuluki 'Pria paling kesepian sepanjang sejarah' karena harus menunggu dalam modul komando ketika rekan-rekannya berjalan di permukaan Bulan, nama Collins tidak seterkenal Neil Amrstrong dan Buzz Aldrin.

Namun, dia dipuji karena pengabdiannya mempromosikan eksplorasi luar angkasa.

Baca juga: Angkatan Laut AS Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

Dalam wawancara pada 2009 dengan NASA, dia menyebut raihan bersejarah timnya terjadi karena keberuntungan dan astronaut tidak layak dipuji sebagai pahlawan.

Astronaut Apollo 11 Michael Collins Tutup Usia

Trio astronaut Apollo 11 dari kiri ke kanan Neil Armstrong, Michael Collins, dan Buzz Aldrin (AFP/HO /NASA)

 

"Mike selalu menghadapi tantangan hidup dengan anggun dan penuh kerendahan hati. Dia menghadapi tantangan terakhir dalam hidupnya ini juga seperti itu," ujar keluarga Collins lewat Twitter.

Rekan Collins di Apollo 11, Aldrin, menulis di Twitter, "Dear Mike, dimana pun Anda berada atau akan berada, Anda akan selalu menjadi semangat yang mengantar kami ke ketinggian baru dan ke masa depan. Kami sangat kehilanganmu. Beristirahatlah dalam damai."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan meski Collins tidak mendapatkan kemewahan yang sama, dia tetapkan rekan yang sejajar dan menjadi pengingat AS mengenai pentingnya berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Lahir di Roma pada 1930 saat ayahnya bertugas menjadi atase militer di ibu kota Italia itu, Collins kemudian menjadi pilot pesawat tempur dan pesawat uji coba di Angkatan Udara AS.

Dia kemudian melamar ke NASA karena terinspirasi oleh John Glenn, warga AS pertama yang mencapai orbit Bumi. Dia terpilih sebagai astronaut pada 1963.

Penerbangan luar angkasa pertama Collins adalah dalam misi Gemini 10. Kala itu dia memecahkan rekor dengan melakukan dua kali spacewalk.

Collins paling dikenal sebagai anggota misi Apollo 11 pada 20 Juli 1969 ketika rekan setimnya, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, menjadi manusia pertama yang menapakkan kaki di Bulan. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Pemukiman Israel akan Percepat Implementasi Ultimatum Presiden Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 21:36 WIB
Abbas berargumen bahwa jika kondisi itu tidak terpenuhi, pengakuan atas Palestina terkait perbatasan pada 1967 mungkin bisa...
PETIT TESSON / POOL / AFP

Uni Eropa akan Buka Misi Diplomatik Bersama di Afghanistan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:30 WIB
Barat telah lama mencari cara untuk terlibat dengan Taliban setelah kelompok itu mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada...
Hector RETAMAL / AFP

Taliban Keluarkan Dekrit Wanita Tidak Boleh Dipaksa Menikah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:38 WIB
Pemerintah Taliban Afghanistan mengeluarkan dekrit tentang hak-hak perempuan yang menyatakan bahwa perempuan tidak boleh dianggap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya