Selasa 27 April 2021, 21:52 WIB

Kemenlu Israel Bantah Tudingan Lakukan Apartheid oleh HRW

Mediaindonesia.com | Internasional
Kemenlu Israel Bantah Tudingan Lakukan Apartheid oleh HRW

AFP/Jaafar Ashtiyeh.
Pengunjuk rasa Palestina lari dari gas air mata yang ditembakkan pasukan keamanan Israel. Pendirian pos-pos Israel di tanah Palestina.

 

KEMENTERIAN Luar Negeri Israel mengatakan kepada AFP bahwa laporan HRW merupakan pamflet propaganda dari organisasi yang telah secara aktif mencari selama bertahun-tahun untuk mempromosikan boikot melawan Israel.

Israel menyatakan bahwa terjadi demokrasi dengan 20% minoritas Arab menikmati hak penuh, termasuk pemungutan suara. Tetapi warga Arab mengeluhkan diskriminasi sistemis.

Laporan HRW berpendapat bahwa ketidakadilan yang dihadapi oleh orang Arab di dalam Israel mencerminkan kebijakan negara yang mengistimewakan orang Yahudi Israel dengan mengorbankan orang Palestina di semua wilayah di bawah kendali Israel.

Israel menduduki Tepi Barat dan Gaza dan mencaplok Yerusalem timur setelah Perang Enam Hari 1967. Israel menarik diri dari Gaza pada 2005 tetapi sangat membatasi arus barang dan orang dari daerah tersebut.

Pemerintah Israel mengatakan mereka dapat menarik diri dari beberapa bagian Tepi Barat tergantung pada ketentuan kesepakatan damai dengan Palestina.

 
Tetapi hampir setengah juta orang Yahudi Israel tinggal di permukiman di tanah Tepi Barat yang diharapkan warga Palestina akan menjadi bagian dari negara masa depan mereka.

Perluasan permukiman telah dipercepat selama dekade terakhir, sementara proses perdamaian terhenti.

HRW meminta negara-negara untuk berhenti memandang pendudukan sebagai sementara dan mendorong akuntabilitas dengan mempertimbangkan kembali hubungan dengan Israel, termasuk kerja sama militer.

Kelompok itu juga meminta Otoritas Palestina (PA) untuk menghentikan beberapa bentuk koordinasi keamanan dengan Israel untuk menghindari memfasilitasi apartheid. PA tidak mengomentari seruan untuk menarik kerja sama tersebut. (OL-14)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Malam Ini, Ramos Horta Dilantik jadi Presiden Timor Leste

👤Palce Amalo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:39 WIB
Pelantikan digelar di Tasi Tolu dihadiri puluhan undangan dari negara sahabat termasuk Indonesia. Dari Indonesia, hadir Menkopolhukam...
Wikipedia

Uniknya Kisah Helm Catok di Vietnam

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 14:43 WIB
Jika pertama kali menginjakkan kaki ke Vietnam maka lalu lintas di negara sosialis-komunis itu akan menyita...
AFP/Roslan Rahman.

Tolak UAS Masuk, Singapura Punya Hubungan Dekat dengan Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 13:53 WIB
Menlu Israel Yair Lapid, yang bertemu Balakrishnan, pada Maret lalu mengatakan keputusan Singapura untuk membuka kedutaan menyoroti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya