Kamis 22 April 2021, 13:31 WIB

Ceko Desak Rusia Izinkan Diplomat Ceko Bisa Kembali Bekerja

 Nur Aivanni | Internasional
Ceko Desak Rusia Izinkan Diplomat Ceko Bisa Kembali Bekerja

Michal Cizek / AFP
Menteri Luar Negeri Ceko yang baru diangkat Jakub Kulhanek.

 

PEMERINTAH Ceko, pada Rabu (21/4), memperingatkan Moskow bahwa mereka mungkin akan mengusir lebih banyak diplomat Rusia, kecuali jika 20 warga negara Ceko yang dikeluarkan dari Rusia diizinkan kembali bekerja dalam satu hari.

Moskow pun menanggapi dengan mengatakan bahwa ultimatum itu tidak bisa diterima.

Pada Sabtu (17/4), Praha mengusir 18 staf kedutaan Rusia berturut-turut atas dugaan peran Rusia dalam ledakan yang menewaskan dua orang di Republik Ceko pada tahun 2014. Sebagai bentuk pembalasan, Moskow kemudian mengirim kembali diplomat Ceko pada Senin (19/4).

"Federasi Rusia memiliki waktu hingga (pukul) 12.00 besok (10.00 GMT) untuk mengizinkan kembalinya semua diplomat yang diusir ke kedutaan Ceko di Moskow," kata Menteri Luar Negeri Ceko yang baru Jakub Kulhanek kepada wartawan.

"Jika mereka tidak bisa kembali, saya akan memangkas jumlah staf kedutaan Rusia di Praha agar sesuai dengan situasi saat ini di kedutaan Ceko di Moskow," tambahnya.

Setelah memanggil Duta Besar Rusia untuk Ceko Alexander Zmeyevski, Kulhanek mengatakan pembalasan Moskow tersebut tidak proporsional dan bahkan melumpuhkan kedutaan. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia pun mengutuk sikap Ceko tersebut.

"Kami menyarankan Praha meninggalkan ultimatum untuk komunikasi di dalam NATO," kata Juru Bicara Maria Zakharova. "Dengan Rusia sikap seperti itu tidak bisa diterima," tambahnya. Duta Besar Ceko, katanya, akan dipanggil hari ini.

Praha saat ini memiliki lima diplomat dan 19 staf teknis di kedutaan besarnya di Moskow, jauh lebih sedikit daripada staf Rusia di Praha. "Pengusiran 18 diplomat Rusia pada gilirannya tidak membahayakan fungsi kedutaan Rusia," kata Kulhanek. (Malay Mail/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Junta akan Adili Aung San Suu Kyi Terkait Kasus Korupsi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 18 September 2021, 12:36 WIB
Setiap dakwaan korupsi diancam hukuman maksimal 15 tahun. Uji coba yang sedang berlangsung ditunda selama dua bulan karena Myanmar bergulat...
AFP/NARINDER NANU

Rekor, India Capai 22 juta Suntikan Vaksin Covid-19 di Ultah PM Narendra Modi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:43 WIB
Jumlah vaksinasi harian terbaik sebelumnya adalah 14 juta pada bulan Agustus. Kini mencapai rekor dengan 22 juta suntikan per...
Ilustrasi

Prancis Tarik Duta Besarnya di Australia dan AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:18 WIB
Menlu Jean-Yves Le Drian mengatakan Presiden Emmanuel Macron memerintahkan penarikan kembali para utusan setelah Canberra membatalkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya