Senin 01 Maret 2021, 17:15 WIB

Malaysia akan Musnahkan 3.000 Babi

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Malaysia akan Musnahkan 3.000 Babi

Antara/Septianda Perdana.
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut mengamati bangkai babi di Danau Siombak Marelan, Medan, beberapa waktu lalu.

 

MALAYSIA berencana memusnahkan 3.000 babi liar dan domestik. Ini dilakukan setelah penemuan demam babi Afrika pada babi hutan dan ternak di negara bagian Sabah di Pulau Borneo pada pertengahan Februari.

Penyakit itu terdeteksi setidaknya pada 300 babi di tiga kabupaten yakni Pitas, Kota Marudu, dan Beluran setelah kasus yang dilaporkan melibatkan kematian babi hutan bulan lalu, menurut peringatan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia. "Ini adalah penemuan pertama penyakit itu di Malaysia," kata peringatan WHO tersebut.

"Sebanyak 22 babi telah dimusnahkan dalam upaya untuk mengekang wabah itu," kata Wakil Menteri Utama Sabah Jeffrey Kitingan dalam pernyataan pada Minggu (28/2).

"Diperkirakan ada sekitar 2.000 babi di Pitas dan sekitar 1.000 babi liar berjanggut dalam radius 50 km. Semua hewan ini harus dimusnahkan," kata Kitingan, yang juga Menteri Pertanian dan Perikanan.

Demam babi Afrika, yang mematikan bagi babi tetapi tidak berbahaya bagi manusia, mengancam stok makanan.

Tiongkok, produsen daging babi terbesar di dunia, melaporkan varian baru demam babi Afrika minggu lalu. Itu merupakan mutasi alami pada virus yang merusak kawanan babi Tiongkok selama 2018 dan 2019 yang terus membunuh babi. (CNA/OL-14)

Baca Juga

AFP/Amir HOSSEIN TALEBI

Tiga Kali Gempa Kuat Guncang Iran, Lima Orang Dilaporkan Tewas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:19 WIB
Gempa magnitudo 6,3 dan 6,1 menyusul gempa 6,1 yang membuat porak poranda desa Sayeh Khosh di dekat Teluk...
Dok Zayed Award

Pendaftaran Nominator Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 Dibuka

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:48 WIB
Panitia Penyelenggara Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 mulai membuka pendaftaram nominator. Pendaftaran event kali keempat ini...
AFP/SHURAN HUANG

Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:58 WIB
"Alhamdulillah per hari ini kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya