Rabu 03 Februari 2021, 08:05 WIB

Palestina Mulai Vaksinasi Covid-19 di Tepi Barat

Nur Aivanni | Internasional
Palestina Mulai Vaksinasi Covid-19 di Tepi Barat

AFP/AHMAD GHARABLI
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech kepada perempuan Palestina di timur Jerusalem, Sabtu (30/1/2021).

 

PEJABAT Palestina mengatakan bahwa Otoritas Palestina mulai memvaksinasi petugas kesehatan di Tepi Barat yang diduduki untuk melawan covid-19. Itu dilakukan setelah adanya kampanye yang menekan Israel untuk memberikan vaksin covid-19 kepada warga Palestina.

Israel, yang melakukan kampanye inokulasi untuk warganya sendiri, telah menghadapi tekanan global yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir, termasuk dari PBB, untuk membantu warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza dalam mengakses vaksin virus korona. Pada Minggu, Kementerian Pertahanan Israel mengatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan 5.000 dosis vaksin ke Otoritas Palestina untuk memvaksinasi petugas medis.

"Kami mulai hari ini," kata Menteri Kesehatan Palestina Mai al-Kaila.

Dia menambahkan bahwa pada Rabu pasokan dosis vaksin akan dikirim ke Gaza, yang ditujukan untuk petugas kesehatan yang berada di garis depan. 

"Kami telah memberikan prioritas tertinggi kepada petugas kesehatan dan mereka yang bekerja di unit perawatan intensif," katanya dalam video yang disampaikan oleh televisi Palestina.

Sebelumnya, Otoritas Palestina mengatakan bahwa mereka mengharapkan untuk menerima pasokan vaksin melalui program COVAX yang didukung PBB, yang dibentuk untuk membantu negara-negara yang kurang kaya dalam menanggapi pandemi.

baca juga: Kematian Covid-19 di Amerika Latin dan Karibia Tembus 600 Ribu

Otoritas Palestina juga mengatakan pihaknya telah menandatangani kontrak dengan empat penyedia vaksin, termasuk pembuat Sputnik V dari Rusia. Di Tepi Barat, rumah bagi sekitar 2,8 juta warga Palestina, tercatat ada lebih dari 108.000 kasus virus korona, termasuk 1.325 kematian. Sementara di Gaza, otoritas Hamas telah mencatat lebih dari 51.000 kasus, termasuk 523 kematian akibat virus tersebut. (AFP/OL-3)

Baca Juga

AFP/Andreas Solaro.

Vatikan Ungkapkan Malu dan Penyesalan atas Kasus Pelecehan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:57 WIB
Benediktus, sekarang berusia 94 tahun, ialah uskup agung Munich dan Freising dari 1977 hingga...
AFP/Ahmad Gharabli.

Israel Mulai Penghancuran Tanah Warga Palestina di Desa Jalud

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:45 WIB
Undang-undang negara-bangsa Israel yang disahkan Juli lalu menyatakan bahwa membangun dan memperkuat permukiman sebagai kepentingan...
AFP/Menahem Kahana.

Israel Bebaskan Warga Palestina dengan Syarat setelah Ditahan usai Penggusuran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:31 WIB
Walid Abu Tayeh, pengacara keluarga, membenarkan pembebasan lima orang yang ditahan sejak Rabu, termasuk Mahmud Salhiya dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya