Kamis 30 Juli 2020, 14:00 WIB

Vietnam Laporkan 9 Kasus Covid-19 Terkait Wabah Danang

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Vietnam Laporkan 9 Kasus Covid-19 Terkait Wabah Danang

AFP/LINH PHAM
Wisatawan mengunjungi Cau Vang "Golden Bridge" di Ba Na Hills dekat Danang, Vietnam

 

Kementerian Kesehatan Vietnam, Kamis (30/7), melaporkan 9 kasus baru covid-19 yang ditularkan secara lokal terkait dengan wabah Kota Danang. Tambahan tersebut membuat total infeksi covid-19 menjadi 42 sejak virus covid-19 muncul kembali pada akhir pekan.

Dari sembilan kasus baru, delapan orang dari Danang dan satu dari ibu kota Hanoi, kata Kementerian Kesehatan. Gelombang virus covid-19 telah menyebar ke enam kota dan provinsi Vietnam dalam enam hari.

Vietnam telah mencatat total 459 kasus covid-19, tanpa kematian, kata pernyataan tersebut. Lebih dari 81.000 orang di Vietnam saat ini menjalani karantina. Jumlah ini mengalami kenaikan, dari 12.000 orang pada Senin.

Baca juga: Kasus Covid-19 India Tembus 1,5 Juta, Studi Menyangsikan

Dengan jumlah penduduk lebih dari 95 juta orang, Vietnam adalah negara terpadat di dunia yang tidak mencatat kematian akibat virus covid-19. Selain itu, tidak ada infeksi covid-19 yang ditularkan secara lokal. Inilah yang dilaporkan selama berbulan-bulan oleh pemerintah Vietnam.

Rekor itu sekarang berada di bawah ancaman menyusul wabah covid-19 akhir pekan lalu di Danang. Saat itu puluhan ribu wisatawan domestik sedang berlibur ke Danang karena ada potongan harga untuk perjalanan wisata ke sana.

Hanoi pada Rabu (29/7) memerintahkan bar dan pub untuk tutup dan melarang pertemuan besar, setelah Vietnam kembali mencatatkan kasus covid-19 pertamanya terkait dengan wabah Danang.

"Kita harus bertindak sekarang dan bertindak cepat. Semua pertemuan besar akan dilarang sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata kepala pemerintahan kota itu, Nguyen Duc Chung, dalam sebuah pernyataan di situs web kota.

"Lebih dari 21.000 orang yang kembali ke Hanoi dari Danang akan diawasi secara ketat dan akan menjalani pengujian cepat," pungkasnya. (CNA/OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Mohamad Hamzah

Normalisasi Hubungan OKI dengan Israel Hambat Perdamaian Palestina

👤Yunia 🕔Selasa 18 Mei 2021, 22:05 WIB
Ke depannya, Yon Machmudi menilai perlu ada langkah yang lebih konkret dari sekedar kecaman dari para negara anggota...
ANTARA/WAHYU PUTRO A

Pengamat: Jokowi Perlu Sampaikan Sikap Indonesia atas Palestina

👤Yunia 🕔Selasa 18 Mei 2021, 21:43 WIB
"Pak Jokowi perlu menyampaikan kepada publik dan dunia internasional secara khusus, menyatakan sikap Indonesia seperti apa agar ini...
sciencemag.org

Tiongkok Daratan Laporkan 22 Kasus Baru Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 21:15 WIB
Tiongkok daratan melaporkan 22 kasus baru COVID-19 pada 17 Mei, turun dari 25 kasus pada hari sebelumnya, kata otoritas kesehatan nasional...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya