Selasa 04 Februari 2020, 15:52 WIB

Indonesia-Singapura Perkuat Hubungan Kerja Sama

Andhika Prasetyo | Internasional
Indonesia-Singapura Perkuat Hubungan Kerja Sama

Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Singapura Halimah Yacob (kedua kiri) di Istana Bogor, Jawa Barat.

 

INDONESIA dan Singapura berkomitmen untuk mempekuat kerja sama di berbagai bidang. Kedua negara menandatangani kesepakatan baru yang disaksikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden Singapura, Halimah Yacob, di Istana Bogor.

Kesepakatan anyar yang ditandatangani meliputi Perjanjian Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda, serta Kerja Sama Penegakan Hukum Kepabeanan.

Di luar dua kerja sama tersebut, ada tiga kesepakatan lain yang ditandatangani, yakni perpanjangan kerja sama keuangan bilateral senilai US$ 10 miliar antara Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore (MAS). Selanjutnya, fellowship program berupa pelatihan sejumlah kepala daerah dari Indonesia ke Singapura, serta realisasi dan penguatan kerja sama dalam pelatihan industri 4.0.

Seluruh realisasi kerja sama bisa terwujud dalam waktu empat bulan. Tepatnya setelah Jokowi bertemu Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, pada 9 Oktober lalu.

Baca juga: Indonesia-Singapura Sepakati Kendali Ruang Udara

"Saya sangat puas dengan kemajuan kerja sama antara Indonesia dan Singapura," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, Selasa (4/2).

Selain lima perjanjian tersebut, pemerintah Indonesia masih mengincar empat kerja sama lain yang fokus pada bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Yang pertama adalah proyek penguatan di Block 71, sebuah komunitas inkubasi startup di Yogyakarta.

Kedua, kerja sama pelatihan bagi dosen politeknik yang akan difasilitasi Singapore Politechnic dan Kementerian Perindustrian. Ketiga, kerja sama pelatihan antara Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), Singapore Internasional Foundation dan Singapore Health Services.

Yang terakhir adalah kerja sama pendidikan riset dan pengembangan antara universitas di kedua negara. "Saya mengajak Presiden Halimah untuk mendorong kerja sama pendidikan, berikut research and development. Terutama, di pelatihan vokasi dan hubungan antar masyarakat," papar Jokowi.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

AFP

Paspor Jepang dan Singapura Masih Terkuat di Dunia

👤Paspor Jepang dan Singapura Masih Terkuat di Dunia 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:43 WIB
Pemegang paspor Jepang dan Singapura memiliki akses bebas visa ke 192 negara di...
MOHAMMED HUWAIS / AFP

UEA Minta Dewan Keamanan PBB untuk Kutuk Serangan Houthi

👤 Nur Aivanni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:31 WIB
Houthi menggunakan drone untuk menjatuhkan bahan peledak di Abu Dhabi, ibu kota UEA, yang menewaskan tiga orang dan melukai enam...
AFP/Giuseppe CACACE

Tiongkok, Rusia, dan Iran Bakal Gelar Latihan Militer Gabungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:51 WIB
Tiongkok, Rusia, dan Iran akan menggelar latihan militer gabungan, demikian laporan media Tiongkok, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya