Selasa 23 Juli 2019, 18:00 WIB

Palestina Ingin Memperkuat Hubungan Bilateral dengan Indonesia

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Palestina Ingin Memperkuat Hubungan Bilateral dengan Indonesia

ANTARA
Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun

 

PALESTINA berupaya memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia. Meski hubungan kedua negara cukup erat, namun kontribusi Indonesia terhadap perdagangan Palestina relatif kecil.

Rata-rata nilai perdagangan keseluruhan Palestina setiap tahun tercatat US$ 5 miliar. Adapun kinerja perdagangan Palestina-Indonesia berkisar US$ 5 juta. Rinciannya, nilai ekspor ke Indonesia sebesar US$ 0,5 juta, sedangkan impor dari Indonesia mencapai US$ 4,5 juta.

Baca juga: Indonesia Bebaskan Tarif Masuk Kurma dan Zaitun dari Palestina

"Kami ingin memperkenalkan produk-produk kami ke pasar Indonesia yang potensinya besar. Karena kami melihat kontribusi Indonesia masih sedikit, sehingga perlu ada peningkatan hubungan kerja sama," ujar Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, dalam konferensi pers di Kedutaan Palestina, Selasa (23/7).

Upaya pendekatan Palestina diwujudkan melalui kedatangan delegasi yang mewakili kementerian atau lembaga terkait sektor perdagangan dan investasi, berikut pelaku usaha. Prioritas pemerintah Palestina, lanjut Al Shun, mencapai kedaulatan ekonomi sehingga lepas dari pengaruh Israel.

"Kami ingin lepas dari penjajahan Israel, agar memiliki kedaulatan ekonomi secara mandiri. Tidak bergantung pada produk dan bantuan dari Israel," imbuhnya.

Al Shun tidak menampik besarnya dampak penjajahan Israel dalam perdagangan domestik. Tercermin dari hambatan arus barang yang masuk ke wilayah Palestina. Hambatan yang digulirkan Israel bahkan memengaruhi penerimaan negara hingga 40%. Dia mengungkapkan kondisi Palestina saat ini belum mengalami perubahan signifikan.

"Yang terbaru, Israel menindas dan menghancurkan permukiman di Yerusalem. Sayangnya, organisasi internasional masih diam dan belum melakukan tindakan apapun untuk menghentikan kriminalitas. Kami berharap bisa keluar dari penjajahan Israel, dan bahwasanya Yerusalem tetap menjadi ibu koya Palestina yang abadi," pungkas Al Shun. (OL-6)

Baca Juga

Ant/Suwandy

Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina saat Bentrokan di Tepi Barat

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:55 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan Palestina mengatakan bahwa seorang remaja Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel pada Sabtu pagi dalam serangan...
MI/Palce Amalo

Rakyat Timor Leste Berharap Ramos Horta Penuhi Janji Kampanye

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:35 WIB
RAKYAT Timor Leste yakin Presiden Ramos Horta akan memenuhi janjinya menjadi presiden bagi seluruh warga, serta mampu membawa negara itu...
Johan ORDONEZ / AFP

Terlibat Korupsi, Dua Putra Mantan Presiden Panama Diadili di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:27 WIB
Luis Enrique dan Ricardo Martinelli divonis dituduh menerima suap sebesar $28 juta dari kelompok konstruksi tersebut, di mana $19 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya