Sabtu 21 Januari 2023, 14:49 WIB

Peningkatkan Imunitas Anak Bangsa Harus Konsisten Dilakukan

mediaindonesia.com | Humaniora
Peningkatkan Imunitas Anak Bangsa Harus Konsisten Dilakukan

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Imunisasi

 

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta agar imunisasi dasar anak harus dipenuhi. Untuk yang tertinggal lantaran terkendala pandemi covid-19 harus segera dikejar, sehingga Indonesia terhindar dari sejumlah penyakit yang menyasar anak-anak. Upaya peningkatan imunitas anak bangsa harus konsisten dilakukan.

"Pesatnya peningkatan jumlah kasus campak di Tanah Air harus menjadi alarm bagi kita. Sejumlah program imunisasi dasar wajib terhadap anak yang tertunda akibat pandemi harus sesegera mungkin dituntaskan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/1).

Data Kementerian Kesehatan RI, sepanjang 2022 tercatat 3.341 kasus campak yang menyebar di 223 kabupaten/kota di 31 provinsi. Jumlah tersebut meningkat 32 kali lipat jika dibandingkan kasus campak pada 2021.

Penyebab kenaikan kasus campak yang cukup signifikan itu terkonfirmasi karena sudah 2 tahun berturut-turut Indonesia tidak bisa mencapai target untuk pelayanan imunisasi rutin campak akibat covid-19.

Legislator yang karib disapa Rerie ini menambahkan, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus bergerak secara masif melakukan skrining kesehatan anak dan balita untuk kemudian segera melengkapi sejumlah imunisasi dasar terhadap anak dan balita yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19.

"Saya berharap ledakan kasus campak pada anak tidak diikuti dengan lonjakan kasus penyakit lainnya, dampak dari belum lengkapnya imunisasi dasar yang diterima anak dan balita," ungkapnya.

Baca juga: KLB Campak Terjadi di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II itu juga mendorong sosialisasi dan edukasi masif terhadap masyarakat terkait pentingnya pemberian imunisasi lengkap terhadap anak dan balita, untuk menghindari lonjakan sejumlah penyakit.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat perlunya satu gerakan bersama yang didukung seluruh elemen masyarakat serta para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, agar kesadaran orangtua untuk melengkapi imunisasi dasar anaknya terus meningkat. 

"Tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam berbagai upaya meningkatkan imunitas anak sejak dini harus terus dilakukan untuk mewujudkan anak bangsa yang sehat dan menjadi generasi penerus yang mampu menghadapi berbagai tantangan," tuturnya.(RO/OL-5)

Baca Juga

Antara/Maulana Surya.

Punya Urusan? Baca Basmalah dan Rahasia Angka 19

👤Meilani Teniwut 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:17 WIB
Ada sejumlah zikir, doa, atau amalan untuk memudahkan umat Islam dalam menyelesaikan suatu...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Resmi Dibuka, OSC 2023 Sediakan 80 Beasiswa Penuh Jenjang S2

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:04 WIB
Untuk OSC S2 tahun ini tersedia 80 beasiswa penuh untuk studi S2. Peserta dapat memilih 11 perguruan tinggi swasta unggulan di 5 kota yakni...
AFP

DPR Minta BPKH Ikuti Arab Saudi, Menjadikan Haji Sebagai Bisnis

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:57 WIB
Ia juga meminta agar BPKH saat ini mengikuti paradigma baru Arab Saudi, bahwa haji bukan hanya sekadar ibadah, tapi juga bisa menjadi ruang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya