Senin 16 Januari 2023, 13:53 WIB

Kemendikbud-Ristek Tegaskan UKT Sesuai Kemampuan Mahasiswa

Faustinus Nua | Humaniora
Kemendikbud-Ristek Tegaskan UKT Sesuai Kemampuan Mahasiswa

MI/ANDRI WIDIYANTO
PLT. Dirjen Dikti-Ristek Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Riset dan Teknologi Prof. Nizam

 

PLT. Dirjen Dikti-Ristek, Prof. Nizam mengatakan bahwa biaya kuliah atau uang kuliah tunggal (UKT) ditetapkan untuk membantu mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Hal itu merupakan kebijakan pemerintah untuk memastikan setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan keringanan biaya.

"UKT dibuat agar biaya kuliah sesuai degan kemampuan orang tua. Yang mampu membayar sesuai kemampuan, yang tidak mampu dibantu, bahkan digratiskan," ucapnya kepada Media Indonesia, Senin (16/1).

Dia menegaskan bahwa tidak boleh ada mahasiswa yang putus kuliah hanya karena alasan ekonomi. Lantas, untuk itulah UKT bahkan bisa ditetapkan hingga nol rupiah. Apalagi pemerintah juga memberi bantuan melalui KIP Kuliah bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

"Prinsip kebijakan Dikti tidak boleh sampai ada mahasiswa tidak bisa kuliah di PTN karena alasan ekonomi," kata dia.

Baca juga: Ratusan Pelajar di Ponogoro Hamil di Luar Nikah Jadi Tanda Indonesia Krisis Edukasi Seksual

Nizam pun menyoroti persoalan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), seorang mahasiswi harus putus kuliah dan bekerja hingga meninggal dunia, agar bisa membayar UKT. Peristiwa itu memang memprihatinkan bagi dunia pendidikan tanah air.

"Setahu saya UKT di UNY dari Rp0 sampai paling mahal Rp6 juta rupiah per 1 semester untuk bidang teknik. Bahkan dosen sering mengumpulkan dana untuk membantu mahasiswa yang orang tuanya sedang kesulitan keuangan," terangnya.

Nizam pun berharap tidak ada lagi kasus serupa di masa mendatang. Mahasiswa harus dipastikan tetap kuliah dan UKT disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa tersebut.(OL-4)

Baca Juga

Dok. Kavacare

Mudahkan Lansia Dapatkan Layanan Kesehatan, Kavacare Luncurkan Layanan Homecare

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 12:29 WIB
Co-Founder dan CEO Kavacare Eddy Wiria mengatakan, di samping layanan kesehatan di rumah yang komprehensif, Kavacare juga melihat tingginya...
Dok.Pri

KLHK Mulai Rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional

👤Naufal Zuhdi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:59 WIB
Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati bahwa apabila berbicara HPSN diingatkan dengan tragedi Tempat...
DOK.MI

Media Indonesia Raih Penghargaan sebagai Media Massa yang Konsern Isu Perempuan dan Anak

👤Dinda Shabrina 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:05 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga juga memberikan apresiasi kepada Media Indonesia sebagai salah satu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya