Kamis 12 Januari 2023, 21:27 WIB

Universitas Prasetiya Mulya Asah Kreativitas Mahasiswa Kembangkan MICE

mediaindonesia.com | Humaniora
Universitas Prasetiya Mulya Asah Kreativitas Mahasiswa Kembangkan MICE

Ist
Universitas Prasetiya Mulya melatih kreativitas mahasiswa mereka agar mampu bersaing di dunia pekerjaan melalui Prasmul Tourism MICE Award.

 

UNIVERSITAS Prasetiya Mulya melatih kreativitas mahasiswa mereka agar mampu bersaing di dunia pekerjaan setelah lulus kuliah melalui ajang Prasmul Tourism MICE Awards.

Prasmul Tourism MICE Awards adalah bentuk Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa S1 Event dan S1 Hospitality Business Universitas Prasetiya Mulya semester 5 yang menempuh mata kuliah Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) Management.

"Dalam ajang ini kami memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk bersimulasi menjadi konsultan pengembangan destinasi MICE  dengan cara membuat rencana pemasaran sebuah destinasi MICE berdasarkan data serta analisis yang komprehensif," terang Dosen Pengampu Mata Kuliah MICE Management Universitas Prasetiya Mulya, Peni Zulandari Suroto. dalam keterangan, Kamis (12/1).

Ia melanjutkan hasil analisis mahasiswa dituangkan menjadi dua bentuk yaitu presentasi di hadapan juri dari pemangku kepentingan (pemerintah daerah, asosiasi terkait, professional conference organizer (PCO) atau professional exhibition organizer (PEO), dan juga membuat booth untuk eksebisi ide mereka.

Baca juga: Civitas Akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Raih Penghargaan

"Dengan adanya visualisasi dalam bentuk booth, diharapkan para peserta dapat lebih meyakinkan kepada para pemangku kepentingan bahwa rencana pemasaran yang dibuat telah tepat bagi destinasi MICE," terang Peni.

Pada Prasmul Tourism MICE Awards 2023, dihadirkan juri untuk pitching presentation yakni Hosea Andreas selaku Ketua Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) atau The Indonesian Exhibition Companies Association (IECA), Dr Antonius Widyatma Sumarlin BA MA selaku Member of Investment Advisory Board for Jawa Barat Province (Penasihat Investasi Pemprov Jawa Barat, APBD dan Non-APBD), dan Amelia Setiawan sebagai Co-Founder and COO Genesia Convex (Professional Conference Organizer).

Dalam Prasmul Tourism MICE Awards kali ini mengikutsertakan sebanyak 92 mahasiswa S1 Event dan S1 Hospitality Business. Mereka terbagi dalam 8 kelompok.

Mahasiswa kemudian memilih dan membuat branding destinasi MICE menjadi Semarang-The Heart of Business dan Sadean Market Conference, Surabaya-Sparkling MICE City, Medan-Dazzling Toba, Bandung-Bandung Incentives dan BMCC, dan Yogyakarta-Just Jogja dan Exposing Jogja.

"Kota-kota itu didasarkan dari pemetaaan destinasi MICE oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Peni. 

Dalam kompetisi ini, selain memperebutkan gelar juara 1, 2, dan 3, peserta akan bersaing menjadi yang terbaik dalam beberapa kategori yaitu best team oleh juri, favorite booth oleh pengunjung, best theme attire, best presentation, dan best presenter (penghargaan individu untuk masing-masing 1 orang S1 event dan S1 Hospitality Business).

“Nanti, pemenang dari lomba ini juga akan kami kirim untuk lomba yang sama ke Taiwan. Untuk pelaksanaan UAS ini bermuatan empat SKS,” jelasnya.

Peni berharap dengan adanya Prasmul Tourism MICE Awards, mahasiswa dapat mengasah kemampuannya dalam analisis, berkreativitas dan berinovasi, mengetahui perspektif ekosistem industri MICE secara menyeluruh, serta mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Secara khusus, lanjut Peni, hasil karya mahasiswanya dapat dilirik pemerintah daerah sebagai masukan dalam mengembangkan potensi wisata di daerah.

“Tentunya kami bangga sekali kalau hasil karya mahasiswa kami diadopsi ke dalam market plan pariwisata oleh pemerintah daerah, dan bisa diaplikasikan sebagai salah satu kebijakan pariwisata di daerah, karena apa yang ditampilkan pada karya ini ada unsur kebaruan dari potensi yang sudah ada,” pungkas Peni. (RO/OL-09)

Baca Juga

medcom.id

Simak! Tindak Penanganan Pertama pada Keseleo atau Terkilir

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:55 WIB
Keseleo umumnya terjadi pada area yang aktif melakukan pergerakan, misalnya pergelangan kaki atau belakang...
HO

Mengenal Sosok ONIC Vior Dan Kecintaannya Pada Mobile Legends

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:45 WIB
GAME Multi-player Online Battle Arena (MOBA) selalu identik dimainkan kaum pria, tak terkecuali di dunia...
medcom.id

Penyebab Cedera ACL dan Cara Penanganannya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:45 WIB
Cedera ini dapat mengganggu kemampuan gerak tubuh manusia, akibatnya, aktivitas secara total dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya