Rabu 11 Januari 2023, 20:43 WIB

Pentingnya Family Time, Ide Melakukannya Bersama Keluarga

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Pentingnya Family Time, Ide Melakukannya Bersama Keluarga

AFP/Joe Klamar.
Ilustrasi.

 

WAKTU untuk keluarga atau family time merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat menghabiskan waktu bersama anggota keluarga untuk bersantai, bermain, bersantai, hingga saling memahami satu sama lain. 

Setiap anggota keluarga mungkin memiliki kesibukannya masing-masing. Orangtua yang sibuk bekerja seminggu penuh, anak-anak pun memiliki kegiatan belajar dan kegiatan tambahan lain di sekolah. Meskipun begitu, waktu yang sedikit pun sangat berharga agar hubungan keluarga tetap erat dan hangat.

Manfaat family time bagi anak dan orangtua

1. Mempererat ikatan keluarga.
2. Meningkatkan performa di kantor dan sekolah.
3. Menciptakan memori indah.
4. Mencegah anak dari pergaulan yang salah.
5. Mengasah kemampuan komunikasi.
6. Meningkatkan kesehatan mental.
7. Menyehatkan fisik.

Ide untuk menikmati family time

1. Buatlah kegiatan indoor seperti board game di malam keluarga. Anda juga dapat menyalakan api unggun untuk mendukung suasana di malam tersebut.

2. Memasak bersama dapat menciptakan ikatan dan kebahagiaan orangtua dan anak. 

3. Kegiatan membersihkan rumah mungkin melelahkan untuk dilakukan, tetapi kegiatan ini juga dapat menjadi menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama.

4. Membuat proyek kreatif mini untuk mengisi liburan akhir pekan dapat menjadi salah satu contohnya. Orangtua dan anak dapat memilih jabatan untuk bermain role play agar kegiatan tersebut menjadi lebih menarik lagi.

5. Sebelum tidur atau saat makan bersama, anak dapat membagikan ceritanya di hari tersebut. Selain itu orangtua dapat menceritakan hal-hal menarik dan ringan yang dapat diterima anak agar anak tidak bosan.

6. Mengisi family time dengan makan-makan merupakan salah satu ide menarik untuk dicoba. Ritual sarapan atau makan malam bersama yang dihadiri seluruh anggota keluarga juga dapat menjadi saat tepat untuk berbagi cerita, bertanya kabar, atau mencoba resep baru. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 bulan Diberikan Triwulan Kedua, Gunakan Pfizer

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:45 WIB
VAKSINASI covid-19 untuk kelompok usia 6 bulan ke atas diperkirakan akan dimulai pada triwulan kedua 2023 karena mempertimbangkan kesiapan...
Antara

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:45 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif...
MI/Susanto

Gerak Nuklir Sebagai Sumber Energi Terbarukan di Indonesia Terhambat karena Ini

👤Muhammad Anugrah Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:30 WIB
PEMANFAATAN nuklir di Indonesia diyakini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang potensial untuk bisa dimanfaatkan demi mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya