Jumat 30 Desember 2022, 09:55 WIB

Kembangkan Peternak Cikalong Wetan, Bio Farma Raih Proper Emas

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kembangkan Peternak Cikalong Wetan, Bio Farma Raih Proper Emas

DOK KLHK.
Proper Emas.

 

INDUK Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bio Farma meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) kategori emas untuk ketujuh kali dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Peringkat Emas merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian Proper.

Terkait hal itu, sejatinya terdapat 3.200 perusahaan yang dinilai KLHK dalam ajang Proper 2022. Hasilnya, 51 perusahaan mendapatkan kategori Emas, 170 mendapat kategori Hijau, 2.031 mendapatkan kategori Biru, 887 mendapatkan kategori Merah, 2 mendapat kategori Hitam, dan 59 tidak diumumkan karena dalam proses penegakan hukum dan tidak beroperasi.

"Komitmen Bio Farma dalam menciptakan kemandirian masyarakat sangat tinggi. Hal ini terbukti dari keseriusan Bio Farma yang mampu mengembangkan potensi peternak milenial di Cikalong Wetan untuk dijadikan sebagai agent of change di wilayah Cikalong Wetan, khususnya dalam dunia peternakan," kata Disril.   

Proper Emas dianugerahkan kepada perusahaan yang terbukti melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan. "Tidak hanya itu, keberhasilan Implementasi Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Bio Farma melalui skema CSV (Creating Share Value) ini mampu mengembangkan potensi masyarakat peternak di wilayah Cikalong Wetan serta dapat mendukung suplai rumput ke Bio Farma sebagai pakan kuda yang diperlukan oleh perusahaan sebanyak 4,5 ton per minggu," tambah Disril.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa 25 tahun, Proper telah ditujukan untuk mendorong agar setiap aktivitas bisnis industri lebih dari sekadar pemenuhan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup. "Bagi dunia usaha, Proper sekaligus menjadi platform untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. Kriteria penilaian proper setiap tahun semakin kompleks mengikuti kebutuhan dan tuntutan zaman," kata Wapres Ma'ruf. 

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan bahwa apresiasi yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut menjadi bukti keseriusan Bio Farma dalam berkontribusi secara optimal dalam pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. "Itu pun menjadi suntikan motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen memberikan yang terbaik dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat," kata Honesti. Dalam rangkaian penghargaan Proper, Bio Farma mendapatkan juara ke-2 untuk penghargaan video pengembangan masyarakat terbaik.    

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat menyampaikan sambutannya mengungkapkan Proper dimaksudkan untuk mendorong dunia usaha dapat meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungannya terus berkembang dan mengalami proses perbaikan secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan di tengah masyarakat menurut kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan. "Penilaian Proper dilakukan oleh dewan pertimbangan yang imparsial dan independen beranggotakan dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat dengan variabal penilaian yang berkembang dari waktu ke waktu yang disusun secara konseptual," kata Siti Nurbaya. (Ant/OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN

Beragam Cara Membuat Telur Asin, Masir dan Berminyak

👤Mesakh Ananta Dachi  🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:54 WIB
Berbeda dengan telur biasa, telur asin memiliki rasa yang lebih gurih dan tidak mengeluarkan amis...
MI/Kristiadi

Mengenal Perencanaan Produksi, Langkah-langkah dan Fungsi

👤Mesakh Ananta Dachi  🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:44 WIB
Dalam melakukan kegiatan perencanaan produksi dibutuhkan sebuah abstraksi mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kegiatan...
Dok: Cold Stone Creamery

Aneka Resep Dessert Box yang Lagi Tren

👤Mesakh Ananta Dachi  🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:37 WIB
Dessert box menjadi salah satu jenis makanan yang populer dan digemari banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya